Heboh Adidas Klaim Wayang Kulit dari Malaysia

Heboh Adidas Klaim Wayang Kulit dari Malaysia

Foto: ist

Jakarta, Batamnews - Adidas membuat heboh. Pasalnya perusahaan itu menuai kontroversi setelah menyebut wayang kulit berasal dari Malaysia.

Hal ini terjadi saat Adidas meluncurkan koleksi City Pack pekan lalu di akun resmi Adidas Singapura.

"Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan "lama-bertemu-baru" pada DNA UltraBOOST," tulis akun itu kala itu.

Hal ini membuat panas sejumlah netizen RI. Sebagaimana dilansir dari laman UNESCO, pertunjukan wayang kulit memang telah diakui sebagai warisan budaya tak benda dari Pulau Jawa, Indonesia pada 2003.

Hal ini akhirnya membuat perusahaan membuat pernyataan resmi meminta maaf di instastory @adidassg, Selasa (16/11/2021). Adidas menyebutnya ketidaksengajaan.

"Terima kasih sudah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menyoroti (bahwa Wayang Kulit) asli dari Indonesia dalam unggahan kami," tulis akun itu

"Kami sungguh meminta maaf karena ketidaksengajaan (untintentional offence) yang sudah terjadi, dan sekarang kami mengubah unggahan kami."


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews