Sudah 4 Tahun Kawasan Legenda Point Langganan Banjir, Warga: Mana Pemerintah?

Sudah 4 Tahun Kawasan Legenda Point Langganan Banjir, Warga: Mana Pemerintah?

Kondisi kawasan Legenda Point, Batam Centre yang kebanjiran setiap hujan deras. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Warga di kawasan Legenda Point, Batam Centre kerap dihantui rasa cemas bila hujan dengan intensitas tinggi mengguyur dengan durasi lebih dari 30 menit. 

Kecemasan itu cukup beralasan mengingat daerah itu selalu menjadi langganan banjir. Kondisi ini sudah terjadi selama bertahun-tahun, namun tak ada penanganan nyata dari pemerintah.

Suryadi, pemilik usaha bengkel mobil di kawasan itu menyebutkan sejak 2017 atau empat tahun terakhir, dirinya bersama dengan puluhan pelaku usaha lainnya selalu kebanjiran.

"Saya masuk ke sini itu sejak 2013, jadi saya tahu betul kondisinya gimana. Di sini sering terjadi banjir, mulai sejak tahun 2017 lalu," ujarnya, Senin (15/11/2021).

Menurutnya, banjir di Legenda Point terjadi setelah daerah di sekitarnya tumbuh bangunan-bangunan ruko. 

Awalnya, drainase di depan tempat usahanya cukup besar namun ditimbun hingga tinggal menyisakan pipa-pipa saja.

"Dulu parit depan itu besar. Sejak ruko-ruko dibangun, parit itu ditimbun. Jadi air dari ruko-ruko turun ke wilayah kita, makanya kita tenggelam," katanya.

Warga Legenda Point sudah pernah menyampaikan persoalan ini ke pengembang dan pemerintah, terutama kelurahan setempat.

Sayangnya lagi, pihak yang kini berwenang mengatasi masalah itu tak kunjung menunjukkan perhatian. Perangkat kelurahan dan pihak RT/RW hanya sekali melakukan pengecekan saja, tak ada solusi pasti.

"Makanya kita nggak tau lagi ini mau mengadu ke siapa. Pemerintah tak merespons. Ya, kita minta kawan-kawan media untuk beritakan banjir di sini," ujar dia.

Diceritakannya, banjir terparah itu terjadi pada 2017 lalu. Dimana air sampai masuk ke dalam hunian warga setempat. Ketinggiannya hampir mencapai 1 meter.

"Biasanya banjir surut itu cukup lama. Sekitar 1 jam baru surut," katanya.

Tak hanya banjir, ada lagi masalah lain yang cukup memprihatinkan yakni kondisi jalan di Legenda Point yang sudah rusak parah sejak 2014 lalu.

Sampai sekarang ini, jalanan di kawasan tersebut tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah. 

(jun)

Berita Terkait