Susi Pudjiastuti Sindir Tingkah Puan Tanam Padi Hujan-hujanan

Susi Pudjiastuti Sindir Tingkah Puan Tanam Padi Hujan-hujanan

Ketua DPR RI Puan Maharani yang menanam padi di area persawahan Sendangmulyo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di tengah cuaca hujan. (Foto: Dok. Puan Maharani)

Jakarta, Batamnews - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyindir tingkah Ketua DPR RI Puan Maharani yang menanam padi di area persawahan Sendangmulyo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di tengah kondisi hujan.

Susi mengomentari aksi tanam padi Puan lantaran petani, menurut dia, biasanya petani tidak menanam padi saat hujan sedang turun.

"Biasanya petani menanam padi tidak hujan hujanan," kata Susi lewat akun Twitter miliknya, @susipudjiastuti, Kamis (11/11).

Komentar Susi itu pun mendapatkan banyak respons dari pengguna Twitter lainnya. Sebanyak 1.198 retweets, 253 quote tweets, serta 4.539 likes tercatat pada cuitan Susi itu hingga Jumat (12/11/2021), pukul 11.36 WIB.

Puan diketahui ikut menanam padi saat melakukan kunjungan kerja ke DIY. Meski hujan deras mengguyur, Puan ikut turun ke sawah untuk menanam padi bersama sejumlah petani perempuan di tengah lahan pertanian seluas 6 hektare.

Selama menanam bibit padi, Puan sempat berdialog dengan petani.

"Piro nek panen (berapa banyak kalau panen?), dijual neng endi (dijual ke mana?)" tanya Puan kepada para petani, sebagaimana keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (11/11).

Para petani pun menjawab pertanyaan Puan. Mereka juga membicarakan soal kendala-kendala yang dihadapi para petani selama ini, termasuk soal pupuk dan jalur distribusi saat panen.

Kemudian Puan juga berbincang dengan kelompok tani dan petani milenial di pematang sawah.

"Kali ini saya hadir dengan fokus menanam padi, biarkan rakyat nanti yang memanen. Selama ini orang banyak fokus pada panennya. Padahal proses sebelum bisa panen itu panjang dan dimulai dengan kita menanam," ucap Puan.

"Saya ingin mengetahui apa saja kebutuhan dan permasalahan yang ada di sini terkait petani. Bagaimana menanam padi, panennya dan sesudah panen itu dijual atau dibeli ke mana. Itu yang jadi perhatian saya," sambungnya.

Dalam kunjungan kerjanya itu, Puan didampingi oleh Ketua Banggar DPR Said Abdullah, Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng Pramestuti, Wakil Ketua Komisi XI DPR Dolfie, Anggota Komisi III DPR M Idham Samawi, dan Anggota Komisi X DPR My Esti Wijayanti.

Turut pula mendampingi, Bupati Sleman Kustini, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, dan sejumlah pejabat tingkat daerah lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews