Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat CV dan Contoh Lamaran Kerja Berbagai Bidang

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat CV dan Contoh Lamaran Kerja Berbagai Bidang

Ilustrasi

Sebelum melamar pekerjaan, pastikan Anda memiliki kemampuan dalam bidang tersebut agar bisa diterima dan saat bekerja pun bisa memberikan hasil yang maksimal. Ada beberapa contoh lamaran kerja berbagai bidang yang bisa Anda ketahui sebagai persiapan untuk melamar kerja.

Hal ini bermanfaat bagi para pencari kerja atau fresh graduate yang belum memiliki pengalaman dalam melamar kerja.

Pasalnya, curriculum vitae atau surat lamaran kerja bukan sekedar dokumen yang wajib dilengkapi, tetapi juga menjadi gambaran bagi perusahaan apakah Anda layak bekerja di perusahaan tersebut untuk memegang suatu bidang tertentu. Dari CV tersebut, HRD akan melihat profil Anda, pengalaman dan kemampuan yang Anda miliki. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui contoh lamaran kerja berbagai bidang, serta tips menciptakan CV menarik.

Tips Penulisan Surat Lamaran Kerja

Baik untuk membuat CV, portofolio atau kata pengantar surat lamaran kerja di email, penulisan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Lantas bagaimanakah penulisan yang baik dalam mengajukan surat lamaran kerja? Simak ulasannya berikut:

1. Efektif

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam membuat contoh lamaran kerja berbagai bidang yaitu penulisan atau penggunaan kalimat yang efektif. Dengan kalimat yang efektif, informatif dan mudah dibaca atau mudah dimengerti, maka HRD atau atasan perusahaan tertarik membacanya. Bahkan tak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan balasan yang baik dari perusahaan.

2. Ketahui Pembaca

Langkah kedua, Anda juga perlu mengetahui pembaca. Pastinya Anda juga mengetahui bahwa yang membaca surat lamaran Anda adalah HRD atau orang yang memiliki peran penting dalam perusahaan tersebut. Sehingga jangan lagi menggunakan kalimat atau kata layaknya Anda menulis surat cinta. Pastikan tulisan anda memiliki tata krama, tidak menyinggung siapapun atau pihak manapun dan sopan santun. Hal tersebut menggambarkan Anda profesional.

3. Memperhatikan Susunan Isi Surat Lamaran

Selain memperhatikan kalimat atau tata bahasa, Anda juga perlu memperhatikan susunan isi surat lamaran. Pastikan surat lamaran tersusun agar enak dibaca dan isinya berkesinambungan. Hal ini membuat pihak perusahaan mudah mendapatkan informasi yang ingin disampaikan.

4. Sesuaikan dengan Kualifikasi

Alangkah baiknya jika Anda tidak mencoba-coba mengirimkan surat lamaran kerja untuk bidang yang tidak Anda kuasai dan tidak memenuhi kualifikasi, karena hal tersebut hanya membuang-buang waktu, di mana perusahaan pasti memilih calon pekerja yang sesuai dengan kualifikasi mereka. Oleh sebab itu, Anda harus memeriksa kembali kualifikasi pekerjaan apakah sesuai dengan diri Anda atau tidak, sehingga Anda bisa mencantumkan informasinya dalam surat lamaran kerja.

Contoh Lamaran Kerja Berbagai Bidang

Lalu bagaimanakah membuat contoh lamaran kerja berbagai bidang? Umumnya, membuat CV untuk berbagai bidang sama seperti pembuatan CV biasanya, yang berbeda hanya bagian kemampuan atau skill yang Anda miliki.

Dalam penyusunan CV sendiri pertama dapat foto yang harus dilampirkan di dalamnya, setelah itu beritahu informasi data pribadi mulai dari nama alamat kontak yang bisa dihubungi atau email. Jangan lupa, Anda bisa melampirkan riwayat pendidikan mulai dari SD sampai pendidikan terakhir.

Setelah itu Anda juga bisa menginformasikan skill atau kompetensi Apa yang anda miliki seperti Microsoft office, Excel dan lainnya, yang perlu diingat dalam hal ini yaitu skill Anda berhubungan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Anda juga bisa mencantumkan pengalaman bekerja atau pengalaman organisasi sebagai nilai plus bagi HRD. Tak perlu khawatir dalam membuat CV, di situs ini Anda bisa mencari referensi berbagai resume kerja yang menarik dan profesional.

Perlu diingat, CV yang baik pasti bersifat objektif, memberikan informasi yang dibutuhkan perusahaan memuat keahlian dan kualifikasi yang sesuai serta melampirkan data pribadi Anda. Setelah memiliki CV yang tepat, Anda bisa langsung menuliskan contoh lamaran kerja berbagai bidang seperti berikut:

Surat Lamaran Kerja

Tangerang, 08 November 2021

Kepada Yth.

HRD (Nama Perusahaan)

Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap                      : David

Tempat & tanggal lahir         : Tangerang, 17 Agustus 1997

Alamat                                     : JL Warna Warni

No Tlp                                      : 0856 8888 xxxx

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu Pimpinan (Nama perusahaan) untuk bisa diterima menjadi (Bidang/divisi yang dilamar) di perusahaan (nama perusahaan). Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan berikut ini:

Daftar Riwayat Hidup (CV)

Fotokopi Ijazah Terakhir

Fotokopi KTP

Pas foto

(Dan lain-lain yang dibutuhkan/diminta perusahaan)

Demikian surat yang saya buat. Harapan saya bisa diterima di Perusahaan ini. Saya ucapkan terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan.

Hormat saya,

David

Nah itulah contoh lamaran kerja berbagai bidang yang bisa Anda ketahui, ini adalah template yang bisa Anda gunakan di mana Anda hanya perlu menggantikan bidang yang Anda kuasai. Situs cvmenarik.com merupakan salah satu solusi bagi anda untuk mencari membuat CV menarik dan contoh surat lamaran kerja.