Komisaris PLN Batam Usulkan Kota Batam Tuan Rumah G20

Komisaris PLN Batam Usulkan Kota Batam Tuan Rumah G20

Kawasan Batam Centre diabadikan dari kamera drone. (Foto: dok. Batamnews)

Jakarta - Nama Kota Batam, Kepulauan Riau diusulkan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi G20 yang akan digelar di Indonesia pada Desember 2021 mendatang.

Usulan ini disampaikan Komisaris PLN Batam, Rizal Calvary Marimbo yang memandang Kota Batam siap untuk menjadi tuan rumah ajang prestisius itu.

"Saya kira selain Bali dan Jakarta, Kota Batam paling siap," ujar Rizal dalam keterangannya, dikutip dari detikcom, Senin (8/11/2021).

Pria yang juga menjabat sebagai Komite Investasi Kementerian Investasi/BKPM ini, mengatakan, Batam merupakan ikon investasi Indonesia di dunia internasional. Sehingga bila G20 digelar di Batam akan menghidupkan kembali brand investasi Batam di level global.

"Dunia internasional saat ini melihat Lombok, Labuan Bajo, Bali, padahal Batam ini potensinya besar untuk menjadi kota ultra modern ke depan. Venue kita standardnya internasional. Saya kira Pak Wali Kota akan senang. Nanti saya ngobrol ke beliau," ujar Rizal.

Rizal mengatakan, pihaknya memastikan kehandalan pelayanan listrik akan terjamin di Batam bila Forum G20 berlangsung di Batam.

Jika Batam terwujud menjadi tuan rumah G20, maka akan mendatangkan banyak manfaat bagi kota pulau yang letaknya tak jauh dari Singapura tersebut.

Sebab pertemuan forum internasional itu akan menjadi sorotan lantaran membahas berbagi isu di bidang perekonomian dunia.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menerima presidensi G20 sekaligus akan menjadi negara tuan rumah penyelenggaraan pertemuan G20. Untuk tahun 2022, Indonesia terpilih dan tengah mempersiapkan penyelenggaraan forum yang akan berlangsung sejak 1 Desember 2021 nanti.

Forum G20 terdiri dari 20 negara yaitu AS, Argentina, Brasil, Australia, Kanada, Meksiko, Turki, Indonesia, Korea Selatan, Jepang, China, Jerman, Inggris, India, Arab Saudi, Afrika Selatan, Italia, Indonesia, Prancis, Rusia, ditambah Uni Eropa. Indonesia juga menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menjadi anggota G20.