Peta Terkini Sebaran Kasus Corona di Batam, Zona Hijau Berkurang

Peta Terkini Sebaran Kasus Corona di Batam, Zona Hijau Berkurang

Peta terkini persebaran kasus Corona di Kota Batam. (Foto: Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam)

Batam, Batamnews - Kota Batam, Kepulauan Riau kembali mencatatkan nihil kasus baru positif Covid-19 pada Jumat (5/11/2021).

Meski nihil kasus baru, peta sebaran kasus Corona di Batam berubah seiring dengan penambahan tujuh kasus pada sehari sebelumnya.

Zona hijau yang tadinya tersemat di delapan kecamatan, kini menjadi berkurang. Dari 12 kecamatan, ada 3 yang berada di zona kuning.

Batam Kota kembali ke zona kuning setelah sempat beberapa hari di zona hijau. Dua kecamatan lainnya yang masuk zona kuning adalah Batuaji dan Nongsa.

Pada level kelurahan, ada tiga kelurahan yang berada di zona kuning yakni Sukajadi di Batam Kota; Bukit Tempayan di Batuaji; dan Batubesar di Nongsa.

Pada hari ini juga tidak ada laporan pasien sembuh maupun meninggal dunia.

Kasus aktif meningkat menjadi 0,03 persen atau 9 orang yang terdiri dari 8 pasien isolasi mandiri dan 1 orang yang dirawat intensif di RS Awal Bros.

Tingkat kesembuhan sebesar 96,71 persen atau tetap 24.982 orang dan angka kematian sebanyak 840 orang atau 3,25 persen.

Menyikapi lonjakan kasus ini, Dinas Kesehatan Kota Batam sudah melakukan penelusuran kontak erat, terutama 6 kasus baru yang merupakan satu keluarga di Sukajadi, Batam.

Salah satu dari keluarga ini diketahui merupakan dokter di Puskesmas Sungai Langkai, Sei Beduk. Seluruh pegawai puskesmas itu telah dites antigen.

"Alhamdulillah, hasil tes antigen terhadap seluruh pegawai Puskesmas (Sungai Langkai) negatif," ujar Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, Jumat (5/11/2021).

Tes antigen yang dilakukan terhadap 46 orang pegawai puskesmas. Upaya tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas di lingkungan kerja.

"Ada 46 orang dites termasuk kepala puskesmas. Kita lakukan tes untuk mengantisipasi penularan Covid-19 di puskesmas tersebut, jadi tes semua," katanya.

(ret)