Patroli Warga Asing, Tim Pora Bintan Sasar Kapal Ikan dan Penumpang

Patroli Warga Asing, Tim Pora Bintan Sasar Kapal Ikan dan Penumpang

Tim pengawasan orang asing (Tim Pora) menggelar pemeriksaan terhadap moda transportasi yang memasuki Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Bintan, Batamnews - Tim pengawasan orang asing (Tim Pora) menggelar pemeriksaan terhadap moda transportasi yang memasuki Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), baik melalui jalur darat maupun jalur laut khususnya di wilayah bagian Barat Kabupaten Bintan, Selasa (2/11/2021).

Tim Pora ini terdiri dari Kanwil Kemenkumham, Imigrasi, Syahbandar, KPLP, KKP, TNI-AL, Polri serta Pemkab Bintan.

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono mengatakan, bersama tim, pihaknya melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap warga negara asing yang melakukan aktifitas di wilayah Kabupaten Bintan.

"Kali ini kita awasi kapal pencari ikan dan kapal pengangkut penumpang serta kapal lainnya yang terindikasi adanya warga negara asing," ujar Tidar.

Baca juga: Kejari Beri Waktu Sepekan Eks Kepala Disperindag Bintan Kembalikan Mobil Dinas

Operasi Tersebut diawali dengan apel kesiapan yang dilaksanakan di Dermaga KPLP Tanjung Uban. Selanjutnya dilakukan patroli laut dengan menggunakan 3 unit kapal patroli yaitu 2 unit kapal motor dan 1 unit Rubber Boat.

Sasaran pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang ada di perairan Tanjung Uban yang diduga ada warga negara asing diatas kapal tersebut. Salah satunya adalah KT Transko Rafuru, namun tidak ada ditemukan warga negara asing di atas kapal itu.

"Usai pemeriksaan, tim menuju perairan wisata Lagoi sekaligus mengecek jalur/rute jalan masuk wisatawan internasional dan domestik dalam rangka kesiapan Bintan menghadapi pembukaan jalur destinasi wisata," jelasnya.

Operasi ini sebagai implementasi pengawasan orang asing di Kabupaten Bintan. Yaitu dapat melakukan deteksi dini terkait keberadaan orang asing.

Tim Pora melakukan pemeriksaan terhadap warga negara asing apakah sudah memenuhi administrasi sesuai ketentuan. Jika tidak, maka akan langsung ditindak.

"Kita selalu mengawasi semua aktivitas yang ada di Kabupaten Bintan. Hal itu dilakukan agar wilayah ini kamtibmas," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews