Anomali Cuaca, Suhu Udara di Batam Panas Bikin Gerah

Anomali Cuaca, Suhu Udara di Batam Panas Bikin Gerah

ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Batam, Batamnews - Suhu udara di Kota Batam terasa gerah dan panas sejak dua hari terakhir.

Rerataan suhu di Batam biasanya berkisar 27-28 derajat celcius. Dari pengukur temperatur, pantauan Batamnews saat ini bisa mencapai 30 derajat celcius. 

"Tadi malam udah begitu panas. Kipas angin pun disetel ke nomor yang paling tinggi," kata Dodi, salah karyawan perkantoran di Batam Center.

Menurutnya, ruangan di kantornya pun terpaksa menyetel temperatur suhu air conditioner atau AC lebih rendah lagi. 

"Sejauh ini temperatur udara di Batam sangat panas. Kayak anomali cuaca rasa saya," herannya

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Klimatologi, Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Suratman menganalisa kenaikan suhu ini bisa disebabkan oleh tutupan awan.

Ia mengatakan adanya tarikan dari siklon tropis di Filipina. “Penyebabnya karena tutupan awannya berkurang. Jadi arah angin, awan itu ketarik ke sana yang udara atau tekanan udaranya lebih rendah,” ujar Suratman, Rabu (13/10/2021).

Namun meski demikian, dengan adanya cuaca yang panas seperti ini dikatakannya berpotensi hujan. Seperti penguapan yang cukup tinggi, sehingga bisa membuat hujan secara tiba-tiba.

Selain itu dari pantauan BMKG, siklon udara di Filipina itu sendiri saat ini sudah menjauh dari lokasi awal dan tidak mengarah ke Batam.

“Jadi mungkin nanti efeknya tidak seberapa lagi, dan karena penguapannya tinggi, jadi kemungkinan nanti akan timbul hujan,” ucap Suratman.

(ude/jun)