Yuk, Ikut Lomba Foto dan Baca Puisi Disbudpar Batam

Yuk, Ikut Lomba Foto dan Baca Puisi Disbudpar Batam

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam akan menggelar lomba membaca puisi dan foto. 

Kontes itu dilaksanakan sempena memperingati Hari Museum Nasional pada 12 Oktober mendatang.

Puisi dan foto yang diperlombakan bertemakan tentang museum, sejarah, kebudayaan dan tradisi etnis melayu di Kota Batam.

Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata menyampaikan kegiatan yang sama sebelumnya sudah dilakukan. Kali ini terhitung sudah dua kali digelar lomba serupa.

"Tahun ini (2021), kita ingin bersentuhan dengan masyarakat Batam lewat lomba yang kami gelar. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa membuat yang lebih besar," ucapnya.

Ardi mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengenalkan Museum Raja Ali Haji Batam sebagai destinasi wisata sejarah dan menjadikan museum sebagai tempat edukasi kepada generasi muda atau kaum milenial. 

"Kami ingin mengenalkan museum kepada generasi muda lewat gaya baru, maka dibuatlah perlombaan yang menarik dan berkesan," ucapnya. 

Ardi mengatakan akan terus berinovasi untuk memajukan Museum Raja Ali Haji. Ia juga menginformasikan, museum yang terletak di Dataran Engku Putri, Batam Center itu sudah meraih sertifikat tipe B dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI.

Berikut persyaratan lomba baca puisi dan foto:

 

Untuk lomba baca puisi, panitia memberikan puisi pilihan untuk dibacakan. Diantaranya yang berjudul Rendez – C Vous dari Taufik Ismail, Kelekatu dari Rida K liamsi, Sajak Tafsir dari Sapardi Djoko Damono, Duka (kepada Chairil Anwar) dari Sitor Situmorang, Nyanyian Angsa dari Idrus Tintin dan SEBAB dari Ibrahim Sattah. 

Kemudian, lomba foto dibuka untuk umum. Persyaratannya yakni:

• Foto diambil menggunakan kamera DSLR/Mirrorless atau kamera ponsel harus berkualitas tinggi;
• Karya foto dikirim dalam bentuk softcopy;
• Foto mengangkat tema Museum Kota Batam, sejarah, kebudayaan dan tradisi melayu di Batam;
• Peserta wajib me-mention, follow serta tag Instagram @batamtourism_official dan @museumbatam_rah;
• Peserta wajib meng-upload karyanya disertakan dengan caption yang menarik, judul foto dan nama fotografer ke Instagram dengan wajib disertai hashtag #BatamMilikKita #MuseumBatam #HariMuseumNasionalKotaBatam2021;
• Periode pengambilan foto 2019–2021.
• Untuk penamaan file foto: Nama_judul foto_nomer handphone peserta;
• Foto dikirim dalam format JPEG dengan resolusi tinggi ke alamat e-mail [email protected];
• Karya foto hanya diperbolehkan diedit sebatas cropping, brightness dan saturation (tidak diperkenankan manupulasi digital).

Setiap peserta diperbolehkan mengirim maksimal 10 karya foto yang disertai data diri seperti nama, alamat, nomor Hp dan dengan menyertakan scan identitas diri KTP/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa. 

Batas akhir penerimaan foto yang dilombakan yakni tanggal 10 Oktober 2021. Pengumuman lomba 12 Oktober 2021 di akun Instagram Disbudpar Batam.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews