Cara Canggih Siswa di India Mencontek saat Ujian, Pakai Bluetooth

Cara Canggih Siswa di India Mencontek saat Ujian, Pakai Bluetooth

Sandal dilengkapi bluetooth sebagai sarana mencontek siswa India saat ujian. (Foto: via The Straits Time)

Rajasthan, Batamnews - Internet di sejumlah wilayah India dimatikan pada 26 September 2021 lalu. Hal ini untuk mencegah praktik mencontek oleh siswa yang menjalani ujian sekolah.

Namun demikian, matinya internet tak mematikan 'kecerdikan' siswa untuk mencontek. Sebuah sentuhan teknologi dijalankan dengan menyembunyikan perangkat bluetooth di alas kaki.

Menurut The Straits Times, sepuluh orang ditangkap setelah taktik mereka ditemukan sebelum mereka mengikuti ujian mengajar.

Kelompok itu menyembunyikan perangkat Bluetooth di telapak sandal jepit mereka yang akan menerima panggilan biasa, yang kemudian akan dikirimkan ke penerima kecil yang tersembunyi di telinga mereka.

Kaki tangan di luar kemudian akan memanggil perangkat tersembunyi dan memberi tahu siswa jawaban yang benar dalam ujian.

Namun, sebelum mereka dapat melaksanakan rencana nakal mereka, mereka segera terungkap setelah mereka mulai bertingkah mencurigakan di luar ruang ujian pada malam sebelum ujian.

“Kami menyadari kemungkinan menyontek, tetapi kami pikir itu akan menjadi kebocoran kertas pertanyaan atau seseorang akan menggunakan Internet, itulah sebabnya mengapa internet dibatasi di banyak kota,” kata Priti Chandra, seorang pejabat polisi di kota barat Bikaner.

“Tapi ini adalah modus operandi yang sama sekali baru. Mereka menjadi sangat paham teknologi.”

Menurut penyelidikan, setidaknya 25 siswa membeli sandal jepit 'khusus' ini dari geng seharga 600.000 rupee atau sekitar Rp 115 juta per pasang.

Dilaporkan juga bahwa informasi tersebut dibagikan dengan beberapa distrik lain pada saat ujian dan banyak pusat meminta siswa untuk melepas alas kaki mereka di luar ruang ujian.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews