Kepri Buka Travel Bubble Wisata Lagoi dan Nongsa Oktober Mendatang

Kepri Buka Travel Bubble Wisata Lagoi dan Nongsa Oktober Mendatang

Ilustrasi

Tanjungpinang, Batamnews - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri), berencana membuka travel bubble bagi dua kawasan wisata yakni, Lagoi Bintan dan Nongsa Batam, pada Oktober 2021 mendatang.

Sebelumnya, Pemprov Kepri menunda travel bubble yang sejatinya akan dibuka pada April 2021, namun karena kasus Covid-19 di Kepri terus melojak, akhirnya ditunda hingga saat ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri, Buralimar mengatakan, dibukanya dua kawasan wisata ini karena wisatawan mancanegara (wisman) sudah tidak sabar ingin berkunjung.

"Memang saat ini wisman sudah tak sabar menunggu untuk berkunjung ke Lagoi dan Nongsa," kata Buralimar, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Nongsa Batam Sudah Jadi Zona Hijau, Berbenah untuk Travel Bubble

Ia menjelaskan, apabila travel bubble telah resmi diberlakukan pada Oktober nanti, pihaknya akan menerapkan pemberlakuan pembatasan untuk jumlah wisman yang berkunjung ke dua daerah tersebut.

"Wisman yang berkunjung nantinya akan dibatasi dengan ketentuan dalam seminggu hanya 100 orang saja," sebutnya.

Ia mengaku, sebelumnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mulai melakukan kebijakan travel bubble untuk destinasi wisata di Lagoi dan Nongsa pada Oktober 2021.

"Untuk saat ini sedang dilakukan persiapan, dimana akan dibuat draft MoU antara Kementrian Luar Negeri, BRC, Pemkab Bintan, dan Pemprov Kepri. Untuk tahap uji coba akan kita lakukan di kawasan wisata Lagoi," ujarnya.

Ia juga menambahkan, apabila nantinya kebijakan travel bubble itu sudah diberlakukan, setiap wisman yang masuk ke kawasan wisata itu akan diberikan blue pass.

"Blue pass ini semacam token. Jadi nanti bila wisatawan masuk akan kita berikan blue pass tersebut," pungkas Buralimar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews