Asosiasi Pariwisata Sambut Baik Pelonggaran Akses Singapura

Asosiasi Pariwisata Sambut Baik Pelonggaran Akses Singapura

Pelabuhan Harbourfront Singapura. (Foto: Wikipedia)

Batam, Batamnews - Singapura mulai melonggarkan akses bagi wisatawan asal Indonesia. Pelonggaran ini menyusul turunnya angka Covid-19 di Indonesia.

Kalangan pelaku pariwisata di Batam menyambut baik kabar tersebut. Namun mereka masih belum yakin sepenuhnya Singapura membuka akses wisatawan Indonesia.

Ketua Asosiasi Pariwisata Bahari Indonesia Kepulauan Riau (Kepri), Surya Wijaya mengatakan rencana Singapura untuk membuka pintu pariwisata sudah sering sekali terdengar.

“Tetapi saat ini belum ada (kepastian pembukaan pintu pariwisata),” ujar Surya, Kamis (23/9/2021).

Selain itu, kondisi Covid-19 juga masih tinggi, tercatat penambahan kasus Covid-19 mencapai ribuan orang per hari. Tetapi untuk penerbangan di Singapura sudah buka untuk negara mana saja.

Menurutnya jika Singapura membuka pintu masuk wisatawan, ada tahapan yang harus dilakukan, pertama dengan menerapkan travel bubble.

“Pasti diawali dengan travel bubble dulu,” katanya.

Baca: Singapura Buka Pintu untuk Wisatawan Indonesia, Simak Syaratnya

Terkait travel bubble tersebut, Surya menjelaskan pada tahap awal, travel bubble dibatasi kuota per hari. Misalnya dalam sehari hanya dibatasi 100 orang, serta cakupan wisatawan hanya pada kawasan tertentu.

Dan jika pada penerapan travel bubble nanti tidak ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 baik yang datang dan kembali ke Singapura maka secara perlahan pintu masuk wisata dibuka.

“Jadi kuncinya jangan sampai ada yang terkonfirmasi Covid-19, supaya pintu masuk wisata bebas dibuka,” kata dia.

Baca: Konsorsium Nongsa Sensation Teken MoU Persiapan Travel Bubble Singapura

Pihaknya berharap kedepan travel bubble berjalan dengan baik, dan tidak ada yang terpapar Covid-19. Dengan begitu, travel agent di Kepri kembali bergairah untuk melayani para wisatawan.

“Supaya pariwisata pulih kembali,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews