DPR-RI Dukung Anggaran Pembangunan Batam dari Pusat Ditambah

DPR-RI Dukung Anggaran Pembangunan Batam dari Pusat Ditambah

Foto: Yude/Batamnews

Batam, Batamnews - Pimpinan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, HA Bakri menilai Kota Batam sebagai kota yang istimewa. 

Ia akan mengusulkan Batam untuk mendapatkan anggaran yang lebih besar dari biasanya. Tidak hanya memberikan dukungan dari sisi anggaran, tapi juga kemudahan melalui regulasi. 

Dengan letak Batam yang strategis, karena berhadapan langsung dengan Singapura, diharapkan ada kemudahan dari segi regulasi. Demikian juga dikatakannya anggaran pemerintah pusat yang diplot untuk BP Batam lebih besar.

Dukungan itu disampaikan Bakri usai pertemuan dengan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, Minggu (12/9/2021) di VVIP Bandara Hang Nadim, Batam.

"Pak Kepala BP Batam tadi menyampaikan pengembangan bandara, pelabuhan dan rumah sakit. (Tapi) banyak regulasi pusat, merugikan daerah," ujar Bakri.

Walau pihaknya dari BURT, namun dijanjikan aspirasi yang disampaikan Wali Kota, Rudi bisa ditindaklanjuti. 

"Kami sepakat Batam ini memang perlu didorong, diberlakukan istimewa sedikit. Karena Batam berbatasan dengan Singapura. Singapura negara kecil yang memiliki pendapatan besar, kenapa Batam tidak dibikin demikian,” kata Bakri.

Termaksuk pihaknya membantu mendorong peningkatan anggaran untuk BP Batam.  "Tadi kami sepakat (bantu), silahkan Kepala BP datang ke Jakarta. Kita bantu," ucapnya.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi menyampaikan harapan, dukungan DPR RI untuk mewujudkan rencana pembangunan Batam.

 

 "Sebagai wakil rakyat, kami yang di daerah ingin meminta agar Batam yang sudah disiapkan pemerintah, baik dari segi regulasi ini harus betul-betul terwujud apa yang ada di regulasi itu sendiri," harap Rudi.

Batam yang disiapkan pemerintah pusat sebagai daerah Free Trade Zone (FTZ) diharapkan regulasi berjalan. 

Pihaknya meminta pemberlakuan FTZ dilakukan secara utuh (turunan regulasi) untuk Batam sebagai daerah Free Trade Zone, kita ingin diberlakukan secara utuh. 

"Pemerintah sudah sangat baik. Tapi karena ini lintas kementerian dan lembaga, proses tidak mudah. Maka kami titip ke DPR RI, apa yang jadi masalah kami tadi, dibantu. Kita ingin lebih cepat. PP 41 sudah turun, UU 11 sudah ada, tinggal eksekusi (turunan aturan). Kita ingin batam seperti tahun 80 akan bangkit kembali. Itulah gunanya PP 41/2021," kata Rudi.

Anggota DPR RI asal Kepri, Cen Sui Lan yang ikut dalam pertemuan itu, menjanjikan untuk menindaklanjuti aspirasi BP Batam. 

"Saya sebagai wakil Kepri, apa yang disampaikan Wali kota akan kita tindaklanjuti. Kita menunggu Kepala BP untuk berkunjung, akan kita tindaklanjuti. Kedepan meningkatkan pariwisata, meningkatkan Batam, akan kita support," ujar Cen Sui Lan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews