Angka Pengangguran di Malaysia Naik 1,2 Persen Jadi 778 Ribu Orang

Angka Pengangguran di Malaysia Naik 1,2 Persen Jadi 778 Ribu Orang

Ilustrasi.

Kuala Lumpur, Batamnews - Angka pengangguran di Malaysia meningkat pada semester II 2021. Data terbaru menunjukkan 778.200 orang di negara itu menganggur.

Departemen Statistik Malaysia merilis angka pengangguran itu pada hari ini, Kamis (9/9/2021). Data itu mengacu pada perkembangan terbaru pada Juli lalu.

Dalam survei angkatan kerja Juli 2021, instansi tersebut mengatakan tingkat pekerjaan untuk bulan yang sama tetap tidak berubah pada 4,8 persen.

Tingkat pengangguran untuk bulan ini tetap di 4,8 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya sementara tahun ke tahun, turun 0,1 poin persentase. 

"Jumlah orang yang menganggur meningkat sedikit sebesar 1,2 persen menjadi total 778.200 orang," kata Kepala Statistik Datuk Seri Mohd Uzir Mahidin dilansir Malay Mail.

Dia menambahkan bahwa jumlah orang yang bekerja turun 0,02 persen pada Juli jika dibandingkan dengan Juni menjadi 15,29 juta.

Dengan demikian, rasio pekerjaan terhadap populasi tetap tidak berubah pada 65 persen.

Data Departemen Statistik juga menunjukkan bahwa jumlah orang yang dianggap di luar angkatan kerja juga naik 1 persen pada Juli dibandingkan bulan sebelumnya.

Artinya, pada Juli terdapat 7,48 juta orang yang tidak dapat digolongkan bekerja atau menganggur, dibandingkan dengan 7,46 juta orang pada Juni.

Mereka yang berada di luar angkatan kerja antara lain ibu rumah tangga, pelajar (termasuk yang akan melanjutkan studi), pensiunan, penyandang disabilitas dan mereka yang tidak berminat mencari pekerjaan.

Peningkatan juga terjadi pada partisipasi angkatan kerja sebesar 0,2 poin persentase dan saat ini mencapai 68,3 persen.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews