Cari Informasi Wisata hingga Hotel di Lingga Kian Mudah Lewat `Explore Lingga`

Cari Informasi Wisata hingga Hotel di Lingga Kian Mudah Lewat `Explore Lingga`

Lingga, Batamnews - Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), tak perlu kesulitan dalam mencari informasi tempat penginapan atau pun hotel. Begitu juga dengan destinasi-destinasi wisata unggulan di Negeri Bunda Tanah Melayu.

Pasalnya, semua informasi tersebut bisa didapat lewat aplikasi Explore Lingga. Aplikasi yang sudah bisa di download di play store ini merupakan gagasan Dinas Pariwisata (Dispar) Lingga bersama Generasi Pesona Indonesia (GenPI).

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Program di Dispar Lingga, Febri Gustiadi mengatakan, aplikasi Explore Lingga itu tidak hanya memuat informasi tentang hotel dan penginapan disertai contact person, tapi juga ada informasi berita-berita pariwisata.

Baca juga: Batam Yoga Fest 2021, Dunia Pariwisata Mulai Bergairah

"Jadi di dalam aplikasi ini juga ada foto dan vidio, informasi berita-berita pariwisata, informasi kunjungan, hotel, serta wisata-wisata unggulan yang wajib dikunjungi kalau wisatawan akan berkunjung ke Lingga," kata dia kepada Batamnews, Rabu (8/9/2021)

Kedepannya, Sekretaris Dispar Lingga, Zalmidri juga akan melakukan pendataan terhadap pelaku-pelaku usaha pariwisata di Kabupaten Lingga guna dapat memberikan informasi kepada publik. hal itu tentunya agar ketika wisatawan ingin menuju Kabupaten Lingga, semuanya telah tersedia dengan maksimal.

"Nanti seperti transportasi darat serta contact personnya hingga guide (pemandu) yang bersertifikasi akan kita data. Agar ketika wisatawan datang, mereka ini bisa terlayani dengan baik," ujar pria yang juga merupakan pelaksana dalam pembuatan aplikasi tersebut.

 

Sementara itu, Ketua GenPI Kabupaten Lingga, Rangga Permana mengatakan, Explore Lingga merupakan salah satu gagasan sebagai langkah-langkah inovatif dalam memberikan informasi publik yang telah dilakukan Dispar bersama GenPI.

"GenPI Lingga dalam hal ini ikut di libatkan agar memberikan warna baru dan agar di notice banyak dari berbagai kalangan terutama yang ada diluar daerah," sebutnya.

Tidak hanya sampai disitu, GenPI berkreasi mulai dari desain hingga pembuatan logo Explore Lingga yang juga logo tersebut merupakan ikon Kabupaten Lingga. Yang tak kalah pentingnya, hasil-hasil foto dan video yang merupakan kreatifitas di GenPI Lingga juga bisa dinikmati di aplikasi Explore Lingga ini.

"Explore Lingga mudah dan cepat di akses melalui aplikasi berbasis android. Kita tinggal mendownload di android melalui play store (Explore Lingga)," tutur Rangga.

Baca juga: Tanjungpinang Andalkan Wisatawan Domestik Bangkitkan Pariwisata

Selaku mitra yang aktif bergerak di bidang pariwisata, GenPI mempunyai tanggung jawab akan perkembangan daerah Kabupaten Lingga melalui informasi-informasi potensi pariwisata di Lingga. Sehingga dapat tersampaikan dengan cepat.

GenPI juga akan terus berupaya menginformasikan pelaku-pelaku usaha yang bergerak di bidang pariwisata baik itu kulinernya, kerajinan tangan dan pelaku-pelaku kreatif lainnya.

"Namun informasi itu dikemas seperti apa, kami di GenPI masih membicarakan bersama anggota GenPI yang lainnya agar memiliki daya tarik dan dapat di notice banyak kalangan," ujarnya.

Dengan demikian, pihaknya mengajak masyarakat Kabupaten Lingga dan Kepri umumnya untuk segera mendownload aplikasi Explore Lingga. Selain lewat aplikasi berbasis android itu, juga bisa diakses lewat website https://pariwisatalingga.web.id/.

(ruz)
Komentar Via Facebook :