Kebakaran Penjara di Tangerang Tewaskan 41 Warga Binaan

Kebakaran Penjara di Tangerang Tewaskan 41 Warga Binaan

Petugas membawa kantong mayat berisi jasad korban kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang. (Foto: ist via kumparan)

Tangerang - Kebakaran terjadi Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten pada Rabu (8/9/2021). Sebanyak 41 orang warga binaan penghuni penjara ini dilaporkan tewas.

Si jago merah mengamuk di blok C-2 yang dihuni 122 warga binaan. Mayoritas dari mereka merupakan narapidana kasus narkoba.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Agus Toyib mengatakan, para napi yang meninggal itu tak terselamatkan karena terjebak dalam sel saat kebakaran.

Ia menyebut penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

“Itu kan memang kamar semua dikunci, ada yang tak sempat dikeluarkan,” kata Agus di Lapas Kelas 1 Tangerang dikutip dari kumparan.

Api sempat berkobar selama kurang lebih dua jam hingga akhirnya bisa padam dan didinginkan sekitar pukul 08.00 WIB. Namun, pada Rabu dini hari, tim damkar sempat mengevakuasi sejumlah korban tewas.

Mayat warga binaan yang menjadi korban kebakaran ini kini dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang dan RSUP Sitanala. Sedangkan mereka yang luka berat dan ringan, sempat dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang, namun kemudian dibawa lagi ke poliklinik Lapas Tangerang untuk mendapat rawat jalan.


Berita Terkait