Vaksin Covid Moderna Mulai Diberikan untuk Umum di Batam 

Vaksin Covid Moderna Mulai Diberikan untuk Umum di Batam 

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Masyarakat umum di Kota Batam sudah mulai bisa menerima vaksin Covid-19 jenis Moderna. Diketahui vaksin Moderna sebelumnya diberikan kepada tenaga kesehatan untuk booster, dosis ketiga. 

Untuk umum, penyuntikkan vaksin tersebut khusus dosis pertama. Vaksinasi diselenggarakan pihak ketiga, dalam hal ini Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Batam yang bermitra dengan pemerintah.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Johnson and Johnson Masuk RI Bulan Depan, Cuma Sekali Suntik!

 Pendaftaran untuk mendapat vaksin Moderna sudah mulai beredar di pesan-pesan WhatsApp. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, PSMTI mendapatkan vaksin jenis Moderna dari Pemerintah Provinsi Kepri. 

"Kami tidak tahu berapa total vaksin yang akan diberikan dalam pelaksanaan besok. Kami hanya bantu untuk tenaga vaksinatornya saja," ujar Didi, Rabu (25/8/2021).

Ia menyampaikan PSMTI bermitra dengan pemerintah membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19, agar tercapai target 100 persen dari sasaran. 

Diakuinya jika hanya mengandalkan tenaga dari Pemerintah Kota Batam tidak akan cukup. 

"Siapa saja pelaksananya yang penting target bisa tercapai. Tujuan mereka sama dengan pemerintah, jadi kami dukung saja,” kata dia. 

Selama ini pihaknya juga membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas yang ada, namun hanya bisa melayani warga 100-300 orang saja. 

Sebelumnya diketahui vaksin Moderna merupakan booster dosis ketiga untuk tenaga medis. Menurut informasi dari pusat, tenaga medis diprioritaskan untuk mendapatkan booster ketiga ini. Setelah itu, baru bisa diberikan untuk masyarakat umum lainnya.

Berdasarkan data total tenaga medis yang sudah menerima booster dosis ketiga berjumlah 3.490 orang atau 62 persen.

Baca juga: Kepri Lobi Kemenkes Minta Tambahan Dosis Vaksin Covid-19

 Secara keseluruhan total masyarakat Batam yang sudah vaksin dosis pertama 70.32 persen, dosis kedua 23.66 persen.

Wakil Ketua Harian Tim Gugus Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan, untuk Batam sudah menerima 446 vial atau 4.460 dosis, dan akan segera ditambah dalam waktu dekat ini. 

Untuk saat ini stok vaksin Moderna di Provinsi Kepri berjumlah 7.500 vial atau 75 ribu dosis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews