Waspada 21 Gejala Covid-19 pada Orang Divaksinasi Dosis Kedua

Waspada 21 Gejala Covid-19 pada Orang Divaksinasi Dosis Kedua

Bupati Karimun Aunur Rafiq menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama. (Foto: Edo/batamnews)

Batam, Batamnews - Para ilmuwan memperingatkan bagi orang-orang yang telah mendapatkan dosis kedua vaksinasi Covid-19 bahwa masih ada 21 gejala yang harus diwaspadai.

Ahli medis mengatakan bahwa sangat penting untuk tetap waspada terhadap gejala-gejala yang ada, bahkan jika individu tersebut telah menerima kedua dosis vaksin.

Baca juga: Ahli: Vaksinasi Dosis Satu Tak Bisa Jadi Dasar Herd Immunity

Menurut Office for National Statistics, meskipun persentase orang yang dites positif diperkirakan telah menurun di Inggris.

Tapi, lebih dari 200 wilayah otoritas lokal mengalami kenaikan kasus dalam seminggu terakhir.

Aplikasi ZOE Covid 19 Symptom Study menunjukkan tanda dan gejala yang masih dialami warga Inggris yang telah menerima vaksinasi penuh.

Pengguna melaporkan gejala apa saja yang dialami ke dalam aplikasi, sehingga para ilmuwan dapat melacak gejala yang paling umum.

Menurut Tim Spector, salah satu profesor dari penelitian tersebut, mengatakan bahwa sebagian besar gejala tidak tercantum dalam daftar resmi NHS Covid.

Daftar gejala resmi di Inggris hanya mencakup demam, batuk, dan kehilangan indra perasa atau penciuman.

Dilansir dari Mirror, Senin (16/8/2021), para ahli mengungkap setidaknya ada 21 gejala yang harus tetap diwaspadai oleh orang-orang yang telah mendapatkan vaksinasi penuh.

Baca juga: Batam Targetkan Capaian Vaksinasi Covid-19 70 Persen Pada 16 Agustus

Daftar gejala itu mencakup demam, menggigil, batuk terus-menerus, kehilangan indra penciuman, kehilangan indra perasa, sakit kepala, kelelahan yang tidak biasa, sakit tenggorokan, kebingungan.

 

Selain itu, ruam kulit, perubahan pada mulut atau lidah, hingga jari tangan atau kaki terasa sakit dan merah.

Selain itu, gejala lainnya seperti sesak napas, nyeri dada, nyeri otot, suara serak, diare, tidak makan tepat waktu, sakit perut, pilek, hingga bersin.

(fox)
Komentar Via Facebook :