17 Rekor Dunia Tercipta Selama Olimpiade Tokyo

17 Rekor Dunia Tercipta Selama Olimpiade Tokyo

Atlet Amerika Serikat Sydney Mclaughlin, mencetak rekor dunia baru pada nomor 400 meter lari gawang putri Olimpiade Tokyo 2020.(AFP/Jewel Samad)

Batam, Batamnews -  Olimpiade Tokyo resmi ditutup pada Minggu malam (8/8/2021). Amerika Serikat menjadi juara umum pada laga yang menciptakan 17 rekor dunia tersebut.

Amerika Serikat berhasil menyalip China menguasai puncak daftar medali Olimpiade Tokyo 2020 setelah meraih tiga emas pada hari terakhir kompetisi, Minggu (8/8/2021).

Mereka mengoleksi 39 emas, 41 perak dan 33 perunggu. China menempati posisi kedua dengan 38 emas, 32 perak dan 18 perunggu. Jepang di peringkat ketiga dengan 27 emas, 14 perak dan 17 perunggu.

Adapun Indonesia harus puas finis di urutan 55. Indonesia merebut satu emas, satu perak, dan dua perunggu di Tokyo 2020.

Sekitar 11.000 atlet telah berkompetisi di Olimpiade Tokyo di 42 tempat di seluruh Jepang. Kompetisi memperebutkan 339 medali, mewakili 205 komite Olimpiade nasional, dengan satu tim terdiri dari pengungsi.

Menariknya, 17 rekor dunia lintas cabang olahraga dapat dipecahkan. Dalam cabang olah raga dayung, lima pemain terbaik dunia baru dicatat. Sementara itu, tiga rekor dunia jatuh dalam atletik dengan Karsten Warholm dari Norwegia di lari gawang 400m putra, Sydney McLaughlin dari Amerika di nomor putri dan Yulimar Rojas dari Venezuela di lompat tiga kali putri.

Tiga lagi jatuh di velodrome, sementara enam rekor dunia datang di cabang renang. Menembak dan panjat dinding oleh debutan Olimpiade mencatat masing-masing satu rekor.

Atlet angkat besi asal Georgia, Lasha Talakhadze, meraih tiga rekor dunia dalam satu nomor, memecahkan rekor untuk angkatan 109kg, clean & jerk, dan angkat besi putra.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews