Fantastis! Bulu Bebek Ini Dihargai Puluhan Juta per Kilogram

Fantastis! Bulu Bebek Ini Dihargai Puluhan Juta per Kilogram

Bebek Eider (alaskasealife.org)

Rejkiawik, Batamnews - Harga bulu bebek kutub Eider menjadi yang termahal di dunia. Dilansir dari Oddity Central, Minggu (8/8/2021) setiap musim panas tiba, ratusan pemburu datang ke pulau kecil terpencil di Teluk Breizafjorzur, Islandia. Tujuannya adalah berburu bebek kutub Eider.

Tapi jangan salah. Mereka memburu bebek itu bukan untuk dinikmati dagingnya melainkan untuk mengambil bulu-bulu bebek Eider (Eiderdown) yang terkenal mahal.

Perburuan Eiderdown ini sudah dilakukan selama ribuan tahun. Hal ini karena orang-orang-orang mengetahui bahwa bulu Eiderdown merupakan salah satu serat alami terhangat dan awet.

Satu kilogram Eiderdown ini dihargai ribuan dollar. Biasanya, bulu ini diolah menjadi produk mewah. Misalnya selimut yang menggunakan 800 gram Eiderdown dijual seharga USD 5 ribu atau sekitar Rp 71,56 juta.

Melihat harga itu, banyak orang tentu tergiur untuk memanen Eiderdown. Sayangnya, jumlahnya tak sebanding dengan banyaknya peminat Eiderdown. Bulu bebek ini dikenal langka.

Baca juga: NASA Buka Lowongan Kerja, Digaji Cuma Buat Pura-pura Tinggal di Mars

Proses untuk mendapatkan bulu ini ternyata bukan dengan menangkap lalu menguliti bebek itu.

Bebek kutub Eider diketahui akan melepaskan bulu dari dada mereka untuk digunakan sebagai pelapis sarang. Lapisan ini berguna untuk melindungi mereka selama masa bertelur. Nah, sarang inilah yang dicari para pemburu.

"Saat masa bertelur, kami hanya akan mengambil sebagian bulunya yang rontok di bawah. Saat bebek keluar sarang, kami mengambil semuanya," kata pemimpin salah satu eksportir Eiderdown, Eria Fridksdottir kepada AFP.

Untuk dapat mengumpulkan satu kilogram Eiderdown, pemburu harus menemukan sekitar 60 sarang bebek. Bulu itu juga harus diperiksa kualitasnya dengan ketat dan melewati serangkaian proses.

Selain itu, menurut hasil riset global tahunan, Eiderdown ini jumlahnya kurang dari empat ton, di mana tiga perempatnya berasal dari Islandia. Dengan sejumlah kondisi tersebut, masuk akal bila Eiderdown dijual dengan harga mahal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews