Tuai Kontroversi, Pesawat Kepresidenan Ganti Cat

Tuai Kontroversi, Pesawat Kepresidenan Ganti Cat

Foto: Dok. @alvinlie21

Jakarta, Batamnews - Pengamat penerbangan Alvin Lie mengunggah foto pesawat Kepresidenan yang warnanya menjadi merah dan putih. Saat ini pesawat yang biasa membawa kepala negara itu warnanya bernuansa biru.

Cuitan dari akun @alvinlie21, menuliskan biaya cat ulang pesawat setara B737-800 berkisar US$ 100 ribu hingga US$ 150 ribu. Atau sekitar Rp 1,4 miliar hingga Rp 2,1 miliar.

"Hari gini masih saja foya-foya ubah warna pesawat Kepresidenan. Biaya cat ulang pesawat setara B737 berkisar antara US$ 100 ribu sampai dengan US$ 150 ribu. Sekitar Rp 1,4 miliar sampai dengan Rp 2,1 miliar," tulisnya, dikutip Selasa (3/8/2021).

Alvin juga mention akun @KemenstnegRI, @setkabgoid dan @jokowi.

Unggahan Alvin sudah disukai lebih dari 1.900 orang, diretweet 859 orang dan dikomentari 233 orang.

 Beragam tanggapan muncul dari warganet. Misalnya akun @rid*an*r menyebut 'Malah bagusan yang sekarang'.

Lalu akun @Sab*rRa*im menyebut 'Sebenarnya ini pesawat kalau dicat setiap tahunpun kalau warnanya sama kita nggak bakal tahu lho'.

Terkait hal ini, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan benar pesawat Kepresidenan Indonesia-1 atau pesawat BBJ 2 telah dicat ulang.

Dia mengungkapkan pengecatan pesawat BBJ 2 ini sudah direncanakan sejak 2019. Terkait dengan perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 2020.

"Proses pengecatan merupakan pekerjaan satu paket dengan heli Super Puma dan pesawat RJ," kata dia dalam keterangannya, Selasa (3/8/2021).

Heru menyebutkan, pada 2019, pesawat BBJ 2 belum masuk dalam jadwal perawatan rutin, sehingga yang dicat lebih dulu adalah heli Super Puma dan pesawat RJ.

Dia mengatakan perawatan rutin ini memiliki interval waktu yang sudah ditetapkan dan harus dipatuhi, sehingga jadwal perawatan ini harus dilaksanakan tepat waktu.

Perawatan rutin pesawat BBJ 2, yang jatuh pada 2021, merupakan perawatan Check C sesuai rekomendasi pabrik. 

"Maka tahun ini dilaksanakan perawatan sekaligus pengecatan yang bernuansa merah putih sebagaimana telah direncanakan sebelumnya. Waktunya pun lebih efisien karena dilakukan bersamaan dengan proses perawatan," jelas dia.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews