Cerita Vaksinator Covid-19 di Batam Sehari Suntik 400 Orang

Cerita Vaksinator Covid-19 di Batam Sehari Suntik 400 Orang

Nova, vaksinator di Batam di sela tugasnya melayani vaksinasi Covid-19 di GOR Temenggung Abdul Jamal. (Foto: Edo/batamnews)

Batam, Batamnews - Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Kota Batam, Kepulauan Riau sudah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir.

Ratusan bahkan ribuan orang rela mengantre di setiap program vaksinasi yang digelar.

Garda terdepan dari vaksinasi warga adalah tenaga kesehatan pemberi vaksinasi atau vaksinator. Ratusan vaksinator dikerahkan untuk menyuntikkan vaksin kepada warga.

Para vaksinator ini tidak menjalankan tugasnya hanya di satu tempat, terkadang berpindah-pindah. Mereka bekerja sejak pagi bahkan hingga malam.

Suka dan duka sudah pasti dirasakan oleh vaksinator ini. Salah satunya adalah Nova, petugas vaksinasi dari Puskesmas Tanjung Uncang, Batuaji, Kota Batam.

"Kita dari bulan tiga (Maret) sudah mulai gencar melakukan vaksinasi, untuk lokasinya kita dibagi-bagi oleh Dinkes," kata Nova,saat ditemui di lokasi vaksinasi, GOR Temenggung Abdul Jamal, Batam pada Jumat (30/7/2021).

Baca: Catat! Jadwal Vaksinasi di Batam Pekan Ini

Dalam sehari bertugas, Nova mengaku bisa menyuntikkan vaksin hingga 400 orang dengan beragam latar belakang sosial.

Ia tak menampik jika dirinya merasakan lelah. Namun, semangat warga Batam untuk sehat dan terhindar dari Covid-19 membuat rasa letih itu tak dirasakannya.

"Capek sudah tentu, cuma kita tetap jalankan tugas agar masyarakat tervaksin dengan harapan semuanya sehat," ujar Nova.

Banyaknya masyarakat yang dihadapi setiap pelaksanaan vaksinasi, dirinya juga ada merasakan kecemasan jika terpapar Covid-19.

Namun, keteguhan hati dan niat disertai dengan protokol kesehatan yang ketat kecemasan itu juga berkurang.

Baca: Selain Vaksin, Amsakar Ingatkan Warga Jangan Kendor Prokes Covid-19

Nova selalu mengonsumsi vitamin dan juga dibarengi asupan makanan yang bergizi, untuk membentengi dirinya sehingga kondisi tubuh dapat terjaga.

"Yang paling penting kita protokol kesehatan dijalankan, kemudian saat pulang ke rumah kita jaga-jaga juga dan menyemprotkan disinfektan. Lalu istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan juga minum vitamin," ujar Nova, yang berprofesi sebagai Bidan itu.

Hingga 28 Juli 2021, capaian vaksinasi warga di Kota Batam cukup menggembirakan.

Dari sasaran kelompok usia 18 tahun ke atas sebanyak 789.451 orang, sudah tervaksin sebanyak 494.163 orang atau 62,60 persen.

Sementara, untuk sasaran kelompok usia 12-17 tahun sebanyak 117.866 orang, tercatat ada 35.940 orang atau 30,49 persen yang sudah menerima vaksinasi Corona.

(aha)