3 Ha Lahan Gosong, Damkar Bintan: Jangan Bakar Sampah Sembarangan!

3 Ha Lahan Gosong, Damkar Bintan: Jangan Bakar Sampah Sembarangan!

Karhutla di Tanjunguban. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Lahan seluas 3 Hektar (Ha) di Jalan Berdikari, Kampung Sukadamai, Kelurahan Tanjunguban Timur, Kecamatan Bintan Utara, ludes terbakar. 

Kasubag TU Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Bintan Utara, Panyodi mengatakan kebakaran lahan itu terjadi Minggu (25/7/2021). Kejadiannya sekitar Pukul 11.00 WIB. Laporan warga sekitar pukul 11.23 WIB.

"Kami terima laporan kebakaran tersebut dari seorang ibu-ibu berusia 50 tahun. Nama pelapornya adalah Ibu Betty," ujar Panyodi, Senin (26/7/2021).

Mendapati laporan tersebut, UPT Damkar Bintan Utara mengerahkan 8 personel dan mobil damkar menuju lokasi kejadian. Tiba disana ternyata kobaran apinya sudah membubung tinggi.

Api mudah menjalar kemana-mana karena banyaknya lahan yang kering disana. Bahkan kobaran api sudah mengarah ke salah satu rumah warga.

"Jadi kobaran api yang mengarah ke rumah warga terlebih dahulu kita padamkan. Dipastikan rumah itu aman, baru padamkan seluruhnya," jelasnya.

Dalam aksi pemadaman ini, personel damkar dibantu oleh anggota Polsek Bintan Utara serta masyarakat setempat. 

Api berhasil dipadamkan 1,5 jam kemudian atau tepatnya sekitar pukul 13.00 WIB.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran lahan tersebut. Kemudian juga belum diketahui pemilik lahannya.

"Kita imbau kepada warga tidak membakar sampah sembarangan. Karena saat ini cuaca panas dan angin bertiup kencang sehingga sangat rawan kebakaran," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews