Dengan Modal Kamera dan Printer, Pria di Batam Ini Hasilkan Uang Jutaan

Dengan Modal Kamera dan Printer, Pria di Batam Ini Hasilkan Uang Jutaan

Yandri (kanan), fotografer keliling di Batam Centre. (foto: iskandar)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Berprofesi sebagai seorang fotografer punya kenikmatan tersendiri. Selain bisa menyalurkan hobi, juga bisa menghasilkan uang. Banyaknya handphone yang sudah dilengkapi kamera canggih, tidak membuat para fotografer kehilangan peluang.

Seorang fotografer keliling bernama Yandri, mengakui sangat senang dengan profesinya sebagai fotografer. Selain menyalurkan hobi ternyata Yandri bisa menghasilkan uang jutaan rupiah setiap bulannya.

"Profesi sebagai fotografer keliling sudah saya geluti selama tiga tahun, pekerjaannya mengasikkan," ujar Yandri saat ditemui Batamnews.co.id, Sabtu (24/10/2015) sore.

Yandri mengatakan, fotografer keliling berada di bawah naungan Dinas Pariwisata Batam. Semua anggota terdata di Dinas Pariwisata dan diberikan ID Card.

Dengan berbekal Camera Canon jenis 700 D dan Printer Canon MG 5470, Yandri biasa mangkal di Jembatan satu Barelang dan di Batam Centre, di bawah tulisan Welcome To Batam.

Peralatan tersebut dibawanya menggunakan sepeda motor dengan kotak di belakang jok motor.

Penghasilan yang didapat Yandri di dua tempat tersebut bervariasi. Di Welcome To Batam, pria asal Sumatera Barat ini bisa mengahasilkan Rp 60 ribu hingga Rp 120 ribu, sedangkan di Jembatan Satu Barelang bisa mencapai Rp 200 ribu hingga Rp 300 per hari.

"Yang cukup lumayan di Jembatan Barelang, di sana bisa dapat Rp 300 ribu per hari," katanya.

Namun, Yandri menjelaskan, untuk di Jembatan Satu Barelang dibagi menjadi dua shift, karena jumlah fotografer di sana banyak." Di Barelang ada sekitar 40 orang," paparnya.

Tarif yang dipasang Yandri untuk satu lembar foto Rp 20 ribu, kendati demikian, untuk saat ini penghasilannya mulai berkurang karena pengunjung yang datang rata-rata memiliki kamera handphone yang bagus.

"Kalau sekarang warga yang datang berselfie banyak memakai kamera sendiri. Handphone sekarang sudah bagus-bagus soalnya," katanya.

Dari pantauan batamnews.co.id, daerah Welcome To Batam di Batam Centre pada sore hari mulai dipadati warga Batam untuk berselfie ria. Selain warga Batam, banyak juga turis lokal dan asing hanya sekedar untuk berselfie ria dengan backgroud Welcome To Batam.

"Di Welcome To Batam banyak turis lokal dan asing, mereka biasanya minta foto bersama untuk dokumentasi," pungkas Yandri.



(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews