Singapura Berencana Buka Perbatasan Akhir Tahun Ini

Singapura Berencana Buka Perbatasan Akhir Tahun Ini

Patung Merlion di Singapura (Foto:Touristly Blog)

Singapura, Batamnews - Pemerintah Singapura mengeluarkan wacana untuk membuka kembali perbatasan. Rencana ini menyusul upaya pemerintah setempat yang telah memutuskan berdamai dengan Covid-19.

Rencana itu pun diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Ong Ye Kung dalam sebuah wawancara eksklusif bersama media The Straits Times Kamis pekan lalu (1/7/2021).

Dilansir dari detikTravel Senin (5/7/2021), Ong juga menyebutkan kalau nantinya pemerintah Singapura berwacana untuk membolehkan perjalanan wisata ke negara yang telah mencapai target vaksinasi massal akhir tahun 2021.

Walau tak menyebut detail, nantinya warga Singapura diperbolehkan bepergian ke negara seperti Amerika Serikat, Hong Kong hingga Uni Eropa.

Baca juga: Singapura Bakal Anggap Corona Seperti Flu Biasa, Siap Hidup Berdampingan

"Ketika kurva mulai turun dan vaksinasi meningkat, menyebabkan turunnya jumlah infeksi menjadi tiga per 100.000. Kita harus mencontoh negara seperti itu secara serius," ujar Ong.

Selain itu, wacananya pemerintah Singapura juga akan membiarkan lebih banyak orang yang ingin makan bersama. Kini, hanya diperbolehkan maksimal dua orang untuk dine-in bersama.

Hal itu menindaklanjuti rencana Singapura untuk menjadikan virus COVID-19 layaknya penyakit endemik seperti flu. Adapun, target vaksinasi terus digenjot bersama dengan kemampuan tracing dan lainnya.

Per 29 Juni yang lalu, Kementerian Kesehatan Singapura telah mencatat sebanyak 5.419.555 dosis vaksin yang telah disuntikkan ke 3.316.337 individu.

Sekitar 2.103.218 individu Singapura bahkan disebut telah menerima dosis vaksin kedua. Pemerintah Singapura sendiri menargetkan sekitar dua per tiga masyarakatnya divaksin pada Hari Kemerdekaan mereka pada 9 Agustus mendatang.

(ruz)