Ketahui Anjuran Serta Pantangan Makan-minum Sebelum dan Setelah Vaksin Covid-19

Ketahui Anjuran Serta Pantangan Makan-minum Sebelum dan Setelah Vaksin Covid-19

Ilustrasi.

Jakarta, Batamnews - Vaksinasi Covid-19 kini diintensifkan menyasar seluruh kalangan di Indonesia, termasuk di Batam, Kepulauan Riau.

Tingginya animo publik mengikuti vaksinasi di Batam, sempat memunculkan kerumunan massa hingga membuat pemerintah harus mencari formulasi tepat pelaksanaan vaksinasi.

Bagi mereka yang memiliki kesempatan untuk divaksinasi, sebaiknya memperhatikan berbagai hal, baik anjuran dan pantangan sebelum serta sesudah menerima suntik vaksin.

Berdasarkan Health, berikut hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan sebelum dan setelah vaksin Covid-19:

1. Hindari alkohol sebelum dan sesudah vaksin

Mengonsumsi alkohol sebelum vaksin Covid-19 dapat memperburuk efek samping, seperti kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, kedinginan, demam, dan mual. Bahkan, meminum alkohol ringan dapat memicu dehidrasi.

Dalam sebuah makalah yang terbit dalam jurnal Alcohol Research menunjukkan alkohol juga terbukti menekan sistem kekebalan.

2. Makan malam sehari sebelum vaksin

 

Istirahat yang cukup membantu sistem kekebalan tubuh bekerja secara maksimal. Untuk meningkatkan kualitas tidur sebelum divaksinasi, maka makanlah makanan yang baik sehari sebelumnya.

Pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian sebelum tidur.

Hindari makanan terlalu banyak lemak jenuh karena dapat menganggu istirahat malam Anda.

3. Tetap terhidrasi

Menghidrasi tubuh sebelum dan setelah vaksin Covid-19 dapat memaksimalkan perasaan Anda.

Menurut Institute of Medicine (IOM), wanita membutuhkan 2,7 liter cairan total per hari (lebih dari 11 cangkir), dan pria membutuhkan 3,7 liter (lebih dari 15 cangkir).

4. Makanan yang dihindari setelah vaksin

Beberapa orang mengalami mual setelah vaksin. Meski mungkin tidak terjadi pada Anda, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga untuk tidak makan makanan yang digoreng, daging, dan makanan manis, setelah vaksin.

Hal terpenting setelah vaksinasi adalah tetap terhidrasi dan fokus pada makan makanan segar dan utuh.