Penggunaan Vaksin Covid AstraZeneca di Batam Jalan Terus, Ini Penjelasan Kepala Dinkes

Penggunaan Vaksin Covid AstraZeneca di Batam Jalan Terus, Ini Penjelasan Kepala Dinkes

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Pemerintah memutuskan menghentikan penggunaan vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca dengan nomor produksi (batch) CTMAV547.

Namun demikian, untuk vaksin AstraZeneca dengan batch lainnya masih tetap digunakan, termasuk di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Baca: Pemerintah Hentikan Sementara Penggunaan Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan penggunaan vaksin AstraZeneca masih tetap dilakukan, karena batch yang ada di Batam merupakan CTMAV548.

"Alhamdulillah kita tidak menggunakan vaksin AstraZaneca dengan batch (yang disetop penggunaannya) itu. Kita memakai batch 548," ujar Didi, Selasa (18/5/2021). 

Sebelumnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menghentikan sementara distribusi dan penggunaan vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 untuk pengujian toksisitas dan sterilitas oleh BPOM. 

Baca: Wali Kota Rudi Tunggu Instruksi Kemenkes soal Penghentian Vaksin AstraZeneca

Sementara itu, 6.000 vial vaksin AstraZaneca batch CTMAV548 tiba di Batam beberapa waktu lalu. Didi menjelaskan vaksin tersebut diberikan hanya pada penerima dosis kedua. 

“Jadi yang sudah vaksinasi AztraZeneca dosis pertama, itu yang menjadi penerima dari 6.000 vial tersebut, penerimanya adalah lansia, pekerja publik, ASN, guru dan wartawan,” katanya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews