Penyu Kawin Tertangkap Kamera Wisatawan Pulau Angso Duo Pariaman

(Foto: via Suara.com)

Pariaman, Batamnews - Sepasang penyu memadu kasih tertangkap kamera wisatawan di Pulau Angso Duo, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Binatang reptil amfibi itu terpantau sedang kawin. Hal itu menarik perhatian wisatawan bernama Andri (29). Ia pun mengabadikan momen langka itu dengan telepon pintarnya pada Sabtu (15/5/2021) pagi.

Andri sendiri mengaku sering datang ke Pulau Angso Duo untuk berliburan. Namun, baru kali ini mendapatkan momen langka, yakni melihat penyu sedang kawin.

Sementara itu, Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Citrha Aditur Bahri mengatakan, saat itu, dirinya juga berada di lokasi.

Ia memastikan jenis penyu tersebut yaitu penyu lekang. Setidaknya, penyu tersebut menampakkan diri sekitar lima sampai 10 menit.

"Penyu jenis ini mendominasi perairan laut Pariaman, sedangkan yang lainnya penyu hijau dan sisik," katanya.

Ia mengatakan dulu Pulau Angso Duo banyak ditemukan telur penyu namun kini tidak lagi dan hingga akhirnya sekarang ditemukan penyu sedang kawin.

Sebelumnya pihaknya belum pernah terpantau penyu sedang kawin di kawasan perairan Pariaman dan sekarang malah ditemukan di Pulau Angso Duo, kata dia.

Ia menjelaskan kawasan Pulau Angso Duo merupakan zona pemanfaatan atau wilayah yang dapat digunakan untuk wisata, memancing, menyelam, bahkan keramba.

Sedangkan perairan Pulau Kasiak merupakan zona konservasi yang hanya dapat digunakan untuk pendidikan dan penelitian.