Krisis Chip Global Ancam Kelangkaan iPad dan Mac di Akhir 2021

Krisis Chip Global Ancam Kelangkaan iPad dan Mac di Akhir 2021

Ilustrasi.

Jakarta, Batamnews - Sejumlah produk Apple terancam langka di pasaran pada akhir 2021 menyusul kelangkaan komponen semikonduktor atau chip.

CEO Apple, Tim Cook, bahkan telah memperingkatkan sejumlah produk, yakni tablet iPad dan komputer Mac akan mengalami hambatan produksi.

Tim Cook dalam conference call dengan pemegang saham pada Kamis (29/4/2021) mengumumkan bahwa tablet iPad Pro dan komputer Mac 2021 generasi terbaru yang menggunakan prosesor Apple M1 akan terpengaruh oleh krisis chip global.

"Kami berharap akan memiliki tambahan pasokan, bukan permintaan. Kekurangan ini terutama memengaruhi ‌iPad‌ dan Mac. Kami dapat menangani permintaan kami dengan baik, tetapi apa yang dilakukan orang lain, saya tidak tahu," katanya dikutip BBC.

Ketika ditanya kapan krisis pasokan chip mungkin mereda, Cook mengatakan bahwa mereka tidak dapat memberikan jawaban yang pasti, tetapi mengatakan bahwa Apple akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi permintaan produk.

Bos Apple ini mengungkapkan mungkin perusahaan harus mengantisipasi kekurangan iPad dan Mac di paruh kedua 2021.

"Ini akan sangat, sangat sulit untuk memprediksi kapan kekurangan itu akan berakhir," beber Cook.

Fasilitas pembuatan chip Apple sedang beroperasi pada kapasitas yang hampir penuh, sehingga akan membutuhkan waktu untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat. 
Apple sendiri kini dikabarkan tengah mengembangkan chipset M2 yang diperkirakan bakal dipakai di MacBook Pro 14 inci dan 16 inci, serta iMac 27 inci.

Apple memperoleh peningkatan penjualan ponsel, aplikasi, dan perangkat lainnya selama pandemi, karena konsumen menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja, berbelanja, dan mencari hiburan online.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews