Remaja Lulusan SMK di Karimun Dapat Pelatihan Juru Las di PT Saipem

Remaja Lulusan SMK di Karimun Dapat Pelatihan Juru Las di PT Saipem

Remaja lulusan SMK di Karimun ikut pelatihan juru las di PT Saipem (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Pemkab Karimun melakukan training welder atau pelatihan juru las bagi para tamatan SMK di PT Saipem Indonesia Karimun Yard, Rabu (28/4/2021) pagi.

Training yang dilakukan itu, guna melirik tenaga lokal untuk dapat bekerja di perusahaan yang ada di Kabupaten Karimun.

Dipilihnya PT Saipem, karena merupakan perusahaan dengan jumlah tenaga kerja terbesar di Karimun. Ada 5.516 tenaga kerja di PT ini.

"Kita berharap adanya program pelatihan ini dapat memenuhi kekosongan tenaga kerja lokal yang dibutuhkan di PT Saipem," kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Baca juga: Obyek Wisata di Karimun Ditutup Mulai 13 Mei 2021

Hanya saja, dalam beberapa waktu lalu terjadinya penurunan tenaga kerja hingga 63 persen. Penurunan itu dikarenakan tidak adanya tenaga kerja lokal yang memenuhi standar perusahaan, sehingga mengambil sejumlah pekerja dari luar daerah.

"Terjadinya penurunan itu akibat dari tidak tersedianya tenaga kerja lokal yang di butuhkan, sehingga diambil dari berbagai daerah. Semoga dengan pelatihan ini dapat mencetak pekerja yang siap untuk dipekerjakan," ujar Rafiq.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Karimun, Ruffindi Alamsyah mengatakan, pelatihan itu merupakan program link and max antara dunia kerja dan dunia pendidikan.

 

Dalam program itu, tentunya dapat menjembatani bagaimana kebutuhan pasar kerja itu bisa dipenuhi oleh dunia pendidikan.

"Sehingga dunia pendidikan kita berharap terus bisa menciptakan lulusan-lulusan terbaik yang bisa terserap di dunia kerja, terutama di Karimun," kata Ruffindi.

Kemudian, salah satu manager PT Saipem Indonesia Karimun Yard mengatakan, tujuan digelarnya pelatihan tersebut untuk menciptakan welder-welder terbaik khususnya di Kabupaten Karimun.

"Karena dari pengalaman yang sudah ada, banyak sekali Welder-welder Karimun yang sekarang sudah menjadi Welder terbaik, kami pun berharap Welder-welder ini akan menjadi terbaik di Kepri," katanya.

Baca juga: Bapak dan Ibu Meninggal Dunia Kecelakaan di Karimun, Anak Korban Jadi Yatim Piatu

Dalam kesempatan itu, ia juga turut mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang baik oleh Pemkab Karimun dengan PT Saipem Indonesia Karimun Yard.

"Terima kasih kepada bapak Bupati Karimun atas segala dukungan untuk seluruh inisiatif yang dilakukan oleh Saipem, karena dengan dukungan-dukungan ini sendiri, tentunya kita bisa melakukan kerja sama yang berkelanjutan," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews