Gugur di KRI Nanggala, Sosok Kolonel Harry Setyawan Kala Bertugas di Kepri

Gugur di KRI Nanggala, Sosok Kolonel Harry Setyawan Kala Bertugas di Kepri

Dansatsel Kolonel Laut (P) Harry Setyawan. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - 53 kru kapal selam KRI Nanggala 402 dipastikan gugur. Proses pengangkatan kapal dan evakuasi korban tengah dilakukan Tim SAR gabungan. 

Salah satu kru Nanggala yakni, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan. Harry merupakan Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmada II.

Peristiwa ini sekaligus meninggalkan duka mendalam bagi para prajurit Pangkalan AL (Lanal) Ranai, Natuna dan para jurnalis di Natuna. 

Kolonel Harry dikenal ramah dan akrab. Banyak kegiatan yang dilakukan terjun ke tengah masyarakat selama bertugas di Pulau ujung utara Indonesia tersebut.

Kolonel Harry Setyawan pada salah satu kegiatan sosial di Desa Ceruk, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri.

Harry selama 1 tahun 8 bulan menjabat Danlanal Ranai. Ia kemudian bertugas sebagai Asisten Operasi Komandan Gugus Keamanan Laut (Asops Dangukamla) Koarmada I Batam pada Oktober 2019.

Hingga insiden tersebut terjadi bak 'petir di siang bolong'. 

Salah satu jurnalis senior di Natuna, Riki Rinovski terkenang betul sosok Harry kala mengisi kegiatan sarasehan dialog kebangsaan.

“Dirinya memberi materi kepada mahasiswa dan pelajar serta pengalaman dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Kapal Selam Nagapasa-403,” kenang Riky.

Harry Setyawan saat diundang menjadi pembicara sarasehan kebangsaan di Natuna kala menjabat sebagai Danlanal Ranai.

Jurnalis lainnya, Edi Suroso mengenang Harry sebagai perwira tinggi yang ramah.

"Beliau orang baik, perwira tinggi yang tidak sombong dengan pangkat dan jabatannya. Halus budi bahasa. Kehadirannya selalu membawa kebaikan di setiap tempat," ujar Edi, yang juga pemimpin media Natindonews

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti juga mengunggah beberapa foto dengan Harry, termasuk kala berjumpa di Natuna.

 Susi mengatakan Harry memiliki peran dalam mendukung kinerjanya selama menjadi pembantu presiden pada 2014-2019.

“Teruntuk Kolonel Laut (P) Harry Setiawan, S.E. dan keluarga, penghormatan dan terima kasih luar biasa dari saya pribadi atas semua dukungan dan kerja sama selama saya menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019,” ujar Susi Pudjiastuti dalam akun Instagram pribadinya, Minggu (25/4/2021).

Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti bersama Kolonel Harry kala bertugas sebagai Danlanal Ranai

Ada tujuh foto yang diunggah Susi di media sosial pribadinya itu

Seperti diketahui, Harry bertugas sebagai Asisten Operasi Komandan Gugus Keamanan Laut (Asops Dangukamla) Koarmada I Batam pada Oktober 2019. 

Ia mengemban jabatan tersebut hingga Juni 2020. Setelah itu, Harry mengikuti Pendidikan Reguler (Dikreg) Sesko TNI Angkatan XLVII hingga lulus pada Desember 2020.

Hingga akhirnya Harry menjabat sebagai Dansatsel yang membawahi seluruh kapal selam di bawah Koarmada II. 

Jauh sebelum itu, Harry juga pernah menjadi Komandan KRI Nagapasa-403. Sebelum akhirnya awal 2018, Harry kemudian bertugas sebagai Komandan Lanal Ranai di Natuna. 

Jabatan Dansatsel baru diemban Harry pada 6 Maret 2021. Harry menggantikan Kolonel Laut (P) M. Iwan Kusumah.

(fox)