Batam Siapkan Sejumlah Gedung Hadapi Lonjakan Pasien Positif Corona

Batam Siapkan Sejumlah Gedung Hadapi Lonjakan Pasien Positif Corona

Asrama Haji salah satu lokasi yang disiapkan untuk menampung pasien positif Covid-19.

Batam, Batamnews - Gelombang 3 Corona mulai menerpa Kota Batam, Kepulauan Riau. Hal ini ditandai dengan lonjakan kasus positif Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengamini datangnya gelombang 3 Corona ini. "Saya kira sudah masuk 3 (gelombang Covid-19),” ujar Didi, Sabtu (24/4/2021). 

Pada gelombang kedua, Didi menyebutkan kasus Covid-19 di Kota Batam tercatat pasien terkonfirmasi positif hingga 570 orang dalam satu pekan. Dimana lonjakan kasus itu terjadi pada bulan pekan ketiga Oktober 2020. 

Lalu setelah itu, pekan keempat Oktober 2020 kasus Covid-19 mulai menurun hingga 316 per pekannya. 

Namun lonjakan kasus Covid-19 mulai kembali terjadi pada bulan April 2021, tercatat pada pekan kedua pasien terkonfirmasi positif mencapai 237 orang dan pekan ketiga tercatat 256 orang. 

Sebagai bentuk antisipasi lonjakan kasus tersebut, Didi mengatakan pihaknya telah menyiapkan fasilotas layanan kesehatan (fasyankes) sebagai tempat rujukan pasien positif Covid-19. Selain fasyankes beberapa gedung milik pemerintah daerah juga dimanfaatkan. 

“Karena pada gelombang kedua sudah pernah terjadi, jadi kami lebih siap,” katanya.

Adapun gedung-gedung yang akan dipakai untuk ruang perawatan pasien Covid-19 yaitu, Rumah Susun (Rusun) Pemko Batam dengan kapasitas 200 orang, Rusun Badan Pengusahaan (BP) Batam dengan kapasitas 150 orang. 

Selanjutnya Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam dengan kapasitas 150 orang, serta Asrama Haji dengan kapasitas kurang lebih 300 orang. 

“Jika gedung-gedung tersebut penuh, maka bisa diarahkan ke hotel-hotel,” kata dia.

Hingga Jumat (23/4/2021), terdapat akumulasi 6.815 kasus positif Covid-19 di Batam. Dari akumulasi ini, terdapat 436 kasus aktif. 

Adapun pasien sembuh sebanyak 6.220 orang dan 159 orang meninggal dunia. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews