Gabung ESL, MU dan Arsenal Resmi Mundur dari Asosiasi Klub Eropa

Gabung ESL, MU dan Arsenal Resmi Mundur dari Asosiasi Klub Eropa

Manchester, Batamnews - Manchester United dan Arsenal mengundurkan diri dari Asosiasi Klub Eropa (ECA). Wakil Eksekutif Man United, Ed Woodward, juga meninggalkan jabatannya di UEFA setelah rencana pembentukan European Super League (ESL) diumumkan.

Sebuah pernyataan yang dirilis pada Ahad kemarin malam mengonfirmasi bahwa 12 klub, termasuk Man United dan Arsenal, telah setuju untuk membentuk liga sendiri yang akan dijalankan oleh klub-klub pendiri. Menurut laporan Goal, Senin, 19 April 2021, bergabungnya dua klub Inggris itu ke Liga Super Eropa berarti membuat keduanya mengundurkan diri dari ECA.

Ed Woodward memiliki jabatan di Dewan Strategi Sepak Bola Profesional UEFA sebagai perwakilan ECA pada September 2017. Perannya adalah memberi nasihat dalam struktur badan pengatur sepak bola Eropa tersebut.

Wakil eksekutif United tersebut tidak lagi memegang peran di UEFA dan CEO Arsenal Vinai Venkatesham telah mengundurkan diri dari posisinya di Dewan ECA. Langkah ini menjadi tanda niat klub untuk memajukan rencana yang memicu kontroversi di kalangan pegiat sepak bola.

Namun, dengan bergabungnya United ke ESL, Woodward tidak akan lagi menempati peran itu di UEFA. Sedangkan, Venkatesham baru terpilih menjadi dewan ECA dua bulan lalu.

Manchester United mengonfirmasi bahwa salah satu pemilik klubnya, Joel Glazer, akan menjadi wakil ketua European Super League. Keterlibatan kedua klub tersebut di ESL juga membuat mereka tidak lagi menjadi bagian dari ECA, yaitu badan profesional yang mewakili kepentingan klub-klub di kompetisi UEFA. 

Langkah ini adalah pernyataan niat lain bahwa 12 klub pendiri ini ingin mendorong liga baru mereka.
Dua belas klub sepak bola terkemuka Eropa hari ini resmi mengumumkan bahwa mereka setuju untuk membentuk sebuah kompetisi baru, yang akan dijalankan oleh klub-klub pendiri. Selain Man Utd dan Arsenal, sejumlah klub dari Italia, Inggris, dan Spanyol juga akan bergabung.

Dari Italia, AC Milan, Juventus, dan Inter Milan menjadi inisiator. Dari La Liga Spanyol, Atletico Madrid, Barcelona, dan Real Madrid menjadi anggota European Super League. Dari Inggris, Manchester City, Liverpool, dan Tottenham Hotspur masuk keanggotaan. Musim perdana kompetisi akan digelar secepat mungkin.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews