Singapura Bersiap Buka Akses Lewat Jalur Penerbangan, Begini Syaratnya

Ilustrasi.

Singapura, Batamnews - Singapura bersiap kembali membuka gerbang bagi pengunjung melalui jalur udara, yang direncanakan akan dimulai pada 1 Mei 2021 mendatang.

Menyadur Channel News Asia, penumpang yang bepergian ke Singapura melalui udara dapat menggunakan tiket perjalanan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

Kebijakan ini merupakan bagian dari kolaborasi berkelanjutan antara Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) dan IATA.

Penumpang akan dapat membagikan hasil tes Covid-19 polymerase chain reaction (PCR) pra-keberangkatan dengan maskapai mereka selama check-in dan setibanya di pos pemeriksaan imigrasi di Bandara Changi.

"Hal ini adalah bagian dari kolaborasi berkelanjutan antara CAAS dan IATA untuk memfasilitasi perjalanan yang mulus dan efisien melalui sertifikat digital tes Covid-19," kata CAAS dan IATA dalam pernyataan, Senin (5/4/2021).

Tiket perjalanan IATA adalah aplikasi seluler yang dapat digunakan oleh penumpang untuk mendapatkan dan menyimpan hasil tes Covid-19 mereka dari laboratorium terakreditasi.

Bulan lalu, Singapore Airlines (SIA) menguji izin perjalanan IATA pada penumpang yang bepergian dari Singapura ke London antara 15 Maret dan 28 Maret. 

Maskapai tersebut mengatakan bahwa aplikasi tersebut diterima dengan baik oleh penumpang mereka dan menyatakan bahwa mereka terbuka untuk menggunakan aplikasi tersebut untuk perjalanan internasional di masa depan.

Setelah uji coba SIA, CAAS dan IATA mengatakan otoritas kontrol kesehatan dan perbatasan Singapura akan menerima izin perjalanan sebagai bentuk presentasi uji pra-keberangkatan Covid-19 yang valid untuk masuk ke negara itu.

"Informasi yang disajikan pada tiket perjalanan IATA akan dalam format yang memenuhi persyaratan tes pra-keberangkatan COVID-19 Singapura yang berlaku untuk masuk ke Singapura," kata pihak berwenang, menambahkan bahwa mereka akan mengerjakan peningkatan lebih lanjut pada tiket perjalanan.

Hal ini termasuk mengaktifkan pemindaian kode QR oleh petugas imigrasi. Transmisi back-end kredensial kesehatan dari travel pass ke maskapai penerbangan dan sistem otoritas imigrasi untuk pra-boarding dan izin pra-kedatangan akan disertakan, serta termasuk sertifikat vaksinasi digital pada travel pass.

(gea)
SHARE US :