Pemohon Pembuatan Paspor di Imigrasi Batam Turun Drastis selama Pandemi

Pemohon Pembuatan Paspor di Imigrasi Batam Turun Drastis selama Pandemi

Ilustrasi (Foto: Antara)

Batam, Batamnews - Pelayanan pengurusan paspor pada saat pandemi Covid-19 di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam mengalami penurunan cukup drastis. Pelayanan tersebut berkaitan pengurusan baru maupun perpanjangan paspor.

Supervisor bidang pelayanan paspor, Asri Wahyuningtias mengatakan, penurunan pelayanan paspor diakibatkan pintu masuk mancanegara ditutup.

“(Pelayanan) cenderung menurun, masyarakat juga mau kemana,” ujar Asri, Kamis (1/4/2021).

Ia menyebutkan, pelayanan paspor dari semenjak pandemi Covid-19 hingga saat ini, hanya berupa perpanjangan paspor yang masa berlakunya sudah habis.

Menurutnya masyarakat salah paham, ketika masa paspor yang sudah melewati masa tenggat, maka segera diurus. Padahal hal itu tidak perlu dilakukan, karena paspor bukan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Mereka mengira paspor itu seperti SIM, makanya mau diperpanjang,” jelasnya.

Selain itu, ketika masa pandemi Covid-19, pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam juga melakukan pembatasan kuota, hanya melayani 100 orang, sedangkan sebelum itu melayani 300 orang.

“Tetapi dari 100 kuota yang ada, tidak selalu terpenuhi, biasa 60 orang saja, atau kadang 30 orang,” ucapnya.

Lalu mengenai data keseluruhan pemohon paspor baru maupun perpanjangan paspor di masa Pandemi Covid-19, Asri mengaku pihaknya tidak dapat memberikan, harus dengan prosedur yang berlaku. Yaitu melalui surat untuk mengajukan data yang diinginkan.

“Kalau itu (minta data) harus pakai surat,” katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews