https://www.batamnews.co.id

Penjelasan Kadisdik Batam Terkait Pungutan Guru untuk Vaksinasi Covid-19

ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Kemenkominfo)

Batam, Batamnews - Vaksinasi khusus guru diadakan hari ini untuk wilayah Bengkong, Batu Ampar dan Batam Kota, Senin (5/4/2021).

Kegiatan vaksin tersebut diberlakukan untuk Tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA Negeri maupun swasta dan dilakukan di kawasan Golden Prawn, Bengkong.

Sebelumnya sempat beredar pesan WhatsApp ke para guru mengenai biaya kegiatan vaksin untuk konsumsi tim medis dan para panitia.

Baca juga: Guru di Batam Dipungut Rp 10 Ribu Untuk Vaksin

Biaya tersebut dibebankan oleh masing-masing sekolah dengan nominal Rp 10 ribu per orang terdiri dari kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik penerima vaksin. Kemudian dana akan disetorkan dengan bendahara paling lambat hari Senin (5/4/2021).

Menanggapi hal tersebut,  Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan pihaknya tidak mengetahui mengenai beredarnya pesan WA mengenai biaya untuk vaksin.

"Saya tidak mengetahui soal itu, silahkan tanyakan langsung ke dinas pendidikan," kata Didi.

Lanjut Didi, vaksin yang akan diberikan kepada tenaga pengajar diberikan secara gratis tanpa pungutan biaya.

Tangkapan layar pesan WA yang berisi pungutan Rp 10 ribu bagi guru di Batam untuk vaksinasi Covid-19. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan kaget dengan adanya hal tersebut.

Pihaknya juga mengakui baru mengetahui kemarin sore tentang adanya pungutan biaya untuk vaksin. "Saya baru tahu kemarin soal itu," katanya.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Tenaga Pengajar, Rudi: Guru Harus Rewel Pada Siswa terkait Prokes

Namun, pihaknya sudah menegaskan terhadap panitia penyelenggara vaksin agar tidak memungut biaya apapun terhadap tenaga pengajar. Sebab, vaksin diberikan dengan cara gratis tanpa ada pungutan biaya apapun.

"Ini mungkin inisiatif panitia sekolah untuk konsumsi dari guru untuk guru, namun sudah saya perintahkan agar tidak ada iuran bagi guru," ucap Hendri.

(rez)