MotoGP Motegi

Pendrosa Mengejutkan di Sirkuit Motegi Jepang

Pendrosa Mengejutkan di Sirkuit Motegi Jepang

Dani Pedrosa (Foto: IST)

BATAMNEWS.CO.ID, Motegi - Dani Pedrosa merebut kemenangan pertamanya musim ini secara sensasional dengan menunggu hingga paruh pertama terlewati sebelum habis-habisan menyerang, sementara pemuncak klasemen Valentino Rossi menyalip rivalnya Jorge Lorenzo di Grand Prix Jepang yang dramatis, Minggu (11/10).

Memulai dari posisi enam, Pedrosa tidak diperhitungkan bisa menjadi juara di Sirkuit Twin Ring Motegi yang sejak sesi latihan terus didominasi oleh para pembalap Yamaha. Namun di balapan yang berlangsung dalam kondisi basah ini Pedrosa mulai makin mengancam masuk sepertiga akhir balapan dan mampu menyalip Rossi yang semula unggul 3 detik.

Pembalap Repsol Honda itu kemudian mengatasi pole-sitter dan pimpinan lomba Lorenzo dan tak terkejar hingga finis, memastikan trofi juara di sirkuit yang dibangun oleh Honda.

Usia disalip Pedrosa, Lorenzo tampak kehilangan konsentrasi dan membuat kesalahan dengan terlalu melebar 5 putaran menjelang finis, sehingga membuka pintu lebar bagi sesama pembalap Movistar Yamaha Rossi untuk menyalip dan mengamankan posisi dua, sekaligus menambah keunggulan 4 poin menjadi 18 di puncak klasemen.

Rossi tampaknya harus berterima kasih pada Pedrosa karena sebelum rentetan insiden itu dia sama sekali tak berdaya di belakang Lorenzo yang terus menambah gap di setiap putaran hingga 3,5 detik.

Pembalap Repsol Honda lainnya Marc Marquez hanya bisa finis keempat di balapan ini sehingga dipastikan tersingkir dari perebutan juara dunia musim 2015.

Pembalap Ducati Andrea Dovizioso yang cukup lama menguntit di posisi tiga juga menjadi salah satu “korban” trengginasnya Pedrosa hari ini dan harus puas finis kelima.

Cal Crutchlow tampil impresif di putaran terakhir untuk menyalip pembalap Yamaha Tech 3 Bradley Smith dan mengamankan posisi enam bagi LCR Honda.

Pembalap wildcard Katsuyuki Nakasuga menghibur publik tuan rumah dengan finis kedelapan di belakang Smith menunggangi motor spesifikasi pabrikan Yamaha M1.

Pembalap Avintia Racing Hector Barbera juga meraih hasil terbaiknya musim ini dengan finis kesembilan menunggangi Ducati, disusul pembalap Marc VDS Scott Redding.

sumber: beritasatu.com

 

[snw]