Jangan Anggap Sepele, Ketahui Jarak Ideal Ganti Oli Mesin Motor

Jangan Anggap Sepele, Ketahui Jarak Ideal Ganti Oli Mesin Motor

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Setiap pemilik sepeda motor sudah mengetahui, bahwa kendaraan mereka butuh ganti oli secara berkala. Ini berlaku untuk semua tipe, termasuk skuter matik.

Saat kondisinya masih baru dan dilindungi garansi, maka proses pergantian pelumas dilakukan sesuai dengan petunjuk yang ada di buku manual.

Namun, bagaimana jika kendaraan sudah dipakai cukup lama dan tidak lagi mendapat layanan gratis dari pabrikan?

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Rabu (17/3/2021), mengganti oli secara berkala akan membuat mesin jadi lebih awet dan terlindungi dari beragam kerusakan.

Selain memiliki sifat untuk melumasi komponen agar gerakannya jadi lancar, oli juga berfungsi sebagai pembawa kotoran menuju saringan dan menjaga suhu mesin agar tetap ideal.

Lalai dalam melakukan ganti oli bisa berdampak pada tarikan yang jadi lebih berat, karena kemampuan melumasi oli sudah berkurang banyak. Otomatis pemakaian bahan bakar juga jadi lebih boros.

Umumnya, proses pergantian dilakukan apabila motor sudah menempuh jarak sejauh 3.000 kilometer. Rata-rata unit mencapai angka tersebut dalam waktu 2-3 bulan.

Apabila jarang dipakai atau jarak tempuhnya tidak jauh, maka proses pergantiannya tetap sama, yakni apabila sudah mencapai waktu tiga bulan. Sebab, ada reaksi kimia yang terus terjadi antara pelumas dengan komponen mesin.

Alasan lain perlu diganti dengan menggunakan hitungan waktu, yakni karena saat terjebak macet oli mesin terus bekerja keras melumasi komponen agar tetap lancar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews