Dampak Pandemi Covid-19, Indonesia Hadapi Krisis Terberat

Dampak Pandemi Covid-19, Indonesia Hadapi Krisis Terberat

ilustrasi.

Jakarta - Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Raden Pardede mengatakan, pandemi Covid-19 membuat Indonesia menghadapi krisis terberat sejak merdeka. Pandemi besar biasanya terjadi satu abad sekali seperti Spanish flu pada 1918.

 

"Pandemi Covid ini melahirkan krisis yang belum pernah kita alami sebelumnya. Krisis kesehatan saat ini merupakan yang terberat yang dialami Indonesia bahkan sejak kita berdiri," jelas Raden dalam webinar Indonesia Sehat dan Maju: Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi pada Rabu (10/3/2021).

"Pandemi yang besar seperti ini biasanya bisa saja satu abad sekali. Terakhir kali ada 1918 yaitu Spanish flu, kemudian baru terjadi satu abad berikutnya seperti yang kita alami sekarang ini," sambungnya.

Indonesia seperti halnya negara-negara lain juga mengalami tekanan berat yang berdampak ke berbagai sektor, termasuk kesehatan, ekonomi, hingga sosial.

Menurutnya, pandemi Covid-19 berbeda dibandingkan krisis yang dihadapi sebelumnya termasuk asian financial crisis pada 1998 dan global financial crisis pada 2008. Keduanya berawal dari sektor ekonomi dan keuangan, sedangkan kali ini sumber krisisnya bersumber dari kesehatan.

"Kita belajar mencari jalan keluar, melakukan penyesuaian yang paling optimal. Kita tidak bisa menyatakan mengerti mengenai krisis karena terus terang saja kita belajar karena di mana-mana juga mencoba belajar soal krisis kesehatan yang seperti ini," tutur Raden.

Dia menjelaskan, setiap negara mengambil jalan yang tidak sama disesuaikan dengan kondisi dan negara masing-masing. Sementara Indonesia mengambil jalan tengah, mencoba melihat keseimbangan antara kesehatan atau kehidupan dengan penghidupan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews