Polisi Bongkar Komplotan Pemalsu Vaksin Covid-19, Dibuat dari Larutan Garam

Polisi Bongkar Komplotan Pemalsu Vaksin Covid-19, Dibuat dari Larutan Garam

Ilustrasi.

Beijing - Kepolisian di China membongkar sindikat pemalsu vaksin Covid-19. Puluhan tersangka dalam kasus ini ditangkap.

Tak hanya pemalsu vaksin, polisi juga menjerat 70 tersangka itu dengan tuduhan pencungkilan harga dan inokulasi ilegal, kata kantor berita resmi Xinhua, pekan ini.

Pejabat kepolisian menyebutkan dalam 21 kasus terkait vaksin, tambahnya, banyak diantaranya muncul selama fase awal peluncuran/pembagian vaksin.

Satu kelompok tersangka mendapat untung sekitar 18 juta yuan (US $ 2,8 juta). Vaksin palsu itu dibuat dari larutan garam atau air mineral dan dikemas dalam 58 ribu dosis.

Otak dari pemalsuan vaksin ini, menurut Xinhua, ditangkap pada Hari Natal tahun lalu.

Dalam kasus lain, vaksin palsu dijual dengan harga tinggi, termasuk dalam skema inokulasi darurat di rumah sakit, atau diselundupkan ke luar negeri, tambahnya.

Kejaksaan Agung China mendesak badan-badan regional untuk bekerja sama dengan polisi dalam tindakan cepat dan tak tergoyahkan untuk mengekang kegiatan semacam itu, kata badan tersebut.

China, yang telah memberikan 40,52 juta dosis vaksin kepada kelompok-kelompok utama pada pekan lalu, sebagian besar telah berhasil mengendalikan pandemi dengan tindakan penguncian, pengujian dan pelacakan yang ketat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews