Bocoran Android 12, Tanggal Peluncuran dan Fitur Terbaru

Bocoran Android 12, Tanggal Peluncuran dan Fitur Terbaru

(Foto: ist)

Jakarta - Google sepertinya akan merilis versi beta pengembang pertama dari Android 12. Namun, belum banyak informasi yang terkuak.

Meskipun demikian, beberapa tangkapan layar mulai bocor, di mana tampilan dan fitur-fitur barunya pun terkuak. Berikut ini bocorannya, seperti dilansir Liputan6.com.

Nama resmi dari Android 12 sendiri belum diumumkan. Google telah meninggalkan skema penggunaan Android dengan nama 'makanan penutup'.

Dengan dirilisnya Android 10 pada 2019, Google mengumumkan tidak akan lagi menggunakan nama makanan penutup untuk rilis tahunan pembaruan Android.

Tahun lalu, Google merilis Android 11 dan kemungkinan besar tahun ini akan rilis Android 12.

Android versi beta untuk pengembang bisa dirilis kapan saja, dalam waktu dekat ini. Google biasanya merilis beta pengembang beberapa bulan kemudian setelah beta publik dan akan rilis secara resmi sekitar bulan Agustus.

Proses pengembangan untuk setiap versi baru Android berlangsung lama, dengan beta pengembang biasanya dirilis di awal tahun. Pada tahun 2020, Google merilis versi beta pengembang pertama Android 11 pada 19 Februari.

Mengutip laman Zdnet, Senin (15/2/2021), jika Google masih mengikuti alur sama, Android 12 kemungkinan besar akan meluncur pada Agustus atau September 2021.

Peluncuran resmi umumnya dilakukan setelah pengembang memiliki waktu guna menyiapkan aplikasi mereka untuk API baru, dan Google memiliki waktu untuk menyelesaikan pembuatan dan menyingkirkan bug yang masih ada. Tahun lalu, Android 11 dirilis pada 8 September.

Bocoran Fitur dan Tampilan Android 12

 

Belum banyak bocoran tentang fitur Android 12. Google melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk menyembunyikan fitur-fitur Android baru sampai pengembang beta tersedia.

Tahun ini juga tidak berbeda, di mana sangat sedikit info yang bocor tentang apa yang ada di Android 12.

Namun, XDA Developers baru-baru ini menyebarkan beberapa tangkapan layar yang diduga dibagikan oleh Google untuk memberi tahu mereka apa yang baru di Android 12.

Melihat tangkapan layar di atas, terlihat ada tampilan yang benar-benar baru untuk widget, mirip dengan tampilan widget di iOS 14.

Ada juga label privasi kode warna baru yang menerangi pengukur sinyal ketika mikrofon dan kamera perangkat telah digunakan atau sedang diakses oleh aplikasi.

Sekali lagi, ini mirip dengan fitur iOS yang menempatkan titik berwarna di layar saat aplikasi baru-baru ini mengakses atau sedang menggunakan mikrofon dan kamera pengguna.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews