Coca-Cola Jajal Botol Kertas Buatan Denmark

Coca-Cola Jajal Botol Kertas Buatan Denmark

Prototipe botol kertas yang akan digunakan oleh Coca Cola. (Foto: Two Sides)

Kopenhagen - Perusahaan induk minuman ringan populer Coca-Cola Company dilaporkan tengah menguji botol kertas sebagai bagian dari strategi jangka panjang untuk menghilangkan kemasan plastik dari seluruh lini produk mereka sepenuhnya.

Prototipe botol kertas itu dibuat oleh perusahaan Denmark, berbahan cangkang kertas ekstra kuat sebagai komposisi dominan, disokong dengan sedikit lapisan plastik tipis, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (13/2/2021).

Tujuan perusahaan minuman ringan asal Amerika Serikat itu adalah untuk menciptakan botol yang 100% dapat didaur ulang dan bebas plastik.

Perancang botol kertas itu diharuskan mampu membuat kemasan yang bisa mencegah gas melarikan diri dari lini produk minuman berkarbonasi Coca-Cola, juga harus memastikan tidak ada serat yang terkelupas ke dalam cairan.

Hal lain yang diperhatikan adalah potensi risiko mengubah rasa minuman -atau berpotensi melanggar standar pemeriksaan kesehatan dan keselamatan.

Tapi raksasa industri mendukung rencana itu. Coca-Cola, misalnya, telah menetapkan tujuan untuk menghasilkan nol limbah pada tahun 2030.

Coca-Cola menduduki peringkat polusi plastik nomor satu di dunia, menurut kelompok amal Break Free From Plastic tahun lalu, diikuti oleh produsen minuman lain Pepsi dan Nestle.

Perusahaan botol kertas Paboco adalah perusahaan Denmark di balik pengembangan wadah berbasis kertas.

Bagian dari tantangan telah menciptakan struktur yang mampu menahan kekuatan yang diberikan oleh minuman berkarbonasi --seperti cola dan bir-- yang dibotolkan dengan mengandung gas bertekanan.

Selain itu, kertas harus dapat dicetak, untuk membuat bentuk dan ukuran botol yang berbeda untuk lini produk yang berbeda, dan mampu menyerap tinta untuk mencetak label mereka.

Setelah lebih dari tujuh tahun bekerja di laboratorium, perusahaan sekarang siap untuk menjadi tuan rumah uji coba di Hongaria musim panas ini dari minuman buah Coca-Cola Company; Adez. Awalnya, ini akan melibatkan 2.000 botol yang didistribusikan melalui rantai ritel lokal.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews