Jelang Olimpiade, Jepang Terima 400 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer

Jelang Olimpiade, Jepang Terima 400 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer

Ilustrasi.

Tokyo - Gelombang pertama vaksin Covid-19 bagi Jepang tiba pada Jumat (12/2/2021). Diharapkan, persetujuan resmi untuk suntikan Pfizer segera diberikan otoritas negara itu untuk mengendalikan gelombang ketiga infeksi menjelang Olimpiade.

Panel kesehatan pemerintah akan membahas vaksin tersebut pada Jumat malam. Kyodo News melaporkan bahwa persetujuan penggunaan vaksin akan diumumkan pada hari Minggu.

Perdana Menteri Yoshihide Suga mengatakan vaksinasi akan dimulai dari pertengahan minggu depan, dimulai dengan sekitar 10.000 petugas kesehatan. Pemerintah berharap dapat mengamankan pasokan yang cukup untuk seluruh penduduk pada pertengahan tahun.

Sekitar 400.000 dosis tiba di Bandara Internasional Narita, dekat Tokyo, pada Jumat pagi dengan penerbangan dari Brussel, Kyodo melaporkan.

Ada kekhawatiran bahwa Uni Eropa dapat memblokir ekspor suntikan, mendorong kepala vaksin Jepang untuk memperingatkan terhadap meningkatnya nasionalisme atas pasokan.

Komisi Eropa mengatakan pada hari Kamis bahwa sejauh ini telah menyetujui semua permintaan untuk ekspor vaksin COVID-19, termasuk ke Jepang, setelah menyiapkan mekanisme untuk memantau distribusi vaksin pada 30 Januari.

Seorang pejabat kementerian kesehatan Jepang menolak mengomentari laporan kedatangan vaksin, dengan alasan keamanan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews