Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 17 Miliar Atasi Banjir di Tanjungpinang

Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 17 Miliar Atasi Banjir di Tanjungpinang

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota  Tanjungpinang, Zulhidayat (Foto:Adi/Batamnews)

Tanjungpinang - Pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera I mengucurkan anggaran sekitar Rp 17 miliar untuk pembangunan kolam retensi di Jalan Pemuda Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota  Tanjungpinang, Zulhidayat menyampaikan, pengerjaan pembangunan kolam retensi seluas 3 hektar itu diperkirakan akan dimulai pada Februari mendatang.

"Saat ini tinggal proses pembangunan saja, informasinya mulai Februari bulan depan," kata dia, Jumat (22/1/2021).

Zulhidayat menjelaskan, secara teknis pembangunan kolam retensi itu Pemko Tanjungpinang diberi tugas untuk pembiayaan pembebasan lahan masyarakat, dan saat ini sudah selesai dilakukan.

"Pembebasan sudah kita lakukan dengan anggaran sekitar Rp 800 juta sekian, tinggal bangun aja lagi," sebutnya.

Menurut dia, pembangunan sudah direncanakan sejak lama namun terkendala pembebasan lahan. Pihaknya pun baru dapat merealisasikan pembangunannya tahun ini. 

"Jadi kalau hujan, air hujan akan ditampung situ dulu, kalau pasang pun tampung situ, agar genangan di Jalan Pemuda dapat diminimalisir," ujarnya.

Sebelumnya, Pemko Tanjungpinang sudah berupaya untuk meminimalisir terjadinya banjir di Jalan Pemuda seperti memperlebar drainase dan meninggikan jalan tersebut. 

"Banyak upaya dilakukan, terbukti mengurangi banjir, mudah-mudahan adanya folder ini semoga dapat memaksimalkan mengatasi banjir di Pemuda," harap Zulhidayat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews