Cara Mudah Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat

Cara Mudah Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Obat

Ilustrasi

Jakarta - Asam lambung adalah naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan beberapa gejala seperti mual dan nyeri perut.

Bahkan dapat menyebabkan gejala kronis yang dikenal sebagai gangguan refluks gastroesofagus atau GERD.

Gejala GERD yang paling umum adalah mulas dan nyeri di perut bagian atas dan dada yang terkadang terasa seperti mengalami serangan jantung.

Selain itu dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan suara serak. Bahkan dapat menyebabkan rasa tidak enak di mulut.

Berikut cara mengatasi asam lambung naik dilansir Harvard Medical School:

1. Makan dengan Perlahan

Makan dengan perlahan dapat mengatasi asam lambung naik. Makanlah dalam porsi kecil lebih sering. Hal ini lebih baik daripada makan besar tiga kali setiap hari.

2. Hindari Makanan Tertentu

Beberapa makanan yang lebih mungkin memicu asam lambung seperti mint, makanan berlemak, makanan pedas, tomat, bawang merah, bawang putih, kopi, teh, coklat, dan alkohol.

Hindari makanan tersebut secara perlahan. Kemudian lama kelamaan Anda bisa tidak mengonsumsinya sama sekali.

3. Jangan Konsumsi Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi membuat Anda bersendawa, yang mengirimkan asam ke kerongkongan. Minumlah air putih sebagai pengganti air soda.

4. Hindari Begadang Setelah Makan

Hindari begadang setelah makan adalah salah satu cara mengatasi asam lambung naik. Selain itu, Anda harus makan tiga jam sebelum tidur, dan jangan mengonsumsi camilan tengah malam.

5. Jangan Olahraga Berat Setelah Makan

Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan. Jalan-jalan setelah makan malam boleh saja, tetapi olahraga yang lebih berat, terutama jika membungkuk, dapat mengirim asam ke kerongkongan Anda.

6. Tinggikan Kepala Saat Tidur

Idealnya, kepala Anda harus lebih tinggi dari kaki Anda. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan bantalan busa untuk tubuh bagian atas Anda.

Jangan mencoba menumpuk bantal. Mereka tidak akan membutuhkan apa yang dibutuhkan tubuh.

7. Turunkan Berat Badan

Berat badan yang meningkat menyebarkan struktur otot yang menopang sfingter esofagus bagian bawah, menurunkan tekanan yang menahan sfingter agar tetap tertutup.

Hal ini menyebabkan asam lambung dan mulas. Karena itu turunkan berat badan salah satu cara mengatasi asam lambung naik.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews