Penduduk Desa India Ikut Rayakan Pelantikan Wapres AS Kamala Harris

Warga Desa Thulasendrapuram di selatan Chennai, India merayakan pelantikan Kamala Harris sebagai Wapres AS. (Foto: Reuters)

Chennai - Pelantikan Joe Biden-Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS tak hanya dirayakan oleh pendukungnya. Perayaan juga digelar di India, negeri leluhur Harris.

Thulasendrapuram, sebuah desa rindang sekitar 320 km (200 mil) selatan kota Chennai, adalah tempat kakek dari pihak ibu Harris lahir lebih dari satu abad yang lalu.

Reuters melaporkan, penduduk desa itu merayakan pelantikan Harris dengan membunyikan petasan dan membagikan makanan.

Kalender yang menampilkan wajah Biden dan Harris telah didistribusikan ke seluruh desa oleh sebuah koperasi.

"Seorang politikus lokal melakukan doa khusus dan penduduk desa telah membagikan permen dan kerupuk sejak pagi," kata penjaga toko desa G Manikandan.

Adegan itu kontras dengan suasana suram di Washington - lockdown karena masalah keamanan dan ancaman virus corona baru - di mana Biden dan Harris akan dilantik pada Rabu malam.

Harris, yang lahir dari seorang ibu India dan ayah Jamaika, keduanya berimigrasi ke Amerika Serikat untuk belajar. Harris sempat mengunjungi Thulasendrapuram ketika dia berusia lima tahun dan ingat saat berjalan-jalan dengan kakeknya di pantai di Chennai.

(gea)
SHARE US :