Ajak Bule Ramai-ramai Pindah ke Bali, WNA Ini Panen Hujatan Netizen

Ajak Bule Ramai-ramai Pindah ke Bali, WNA Ini Panen Hujatan Netizen

ilustrasi.

Bali - Sebuah akun Twitter yang diduga kuat milik WNA bernama @kristentootie atau Kristen.Gray viral sejak hari Minggu (17/1/2021) kemarin.

Pasalnya, ia mengajak orang asing untuk ramai-ramai pindah ke Bali. Tidak hanya itu, dia juga membagikan tips untuk menghindari hukuman aturan pprotokol kesehatan hingga cara mengakali overstay visa di Bali.

Belakangan, sejumlah tagar berkaitan dengan cuitannya menduduki trendi Indonesia, seperti Bali atau Indonesian hingga #Bule.

Tagar ini naik setelah akun Twitter Gray, yang mengaku sebagai perempuan asal Amerika Serikat keturunan Afrika telah tinggal di Bali selama satu tahun terakhir, berkicau soal enaknya tinggal di Bali.

Melalui akun miliknya, dia menuliskan pengalamannya menuju Bali setelah kehilangan pekerjaan pada 2019 bersama pacarnya yang juga perempuan.

Di Bali, awalnya ia hanya mencoba untuk tinggal selama enam bulan untuk bekerja sebagai desain grafis. Namun, wabah Covid-19 membuat mereka tertahan di pulau dewata.

Mereka lantas mengklaim bahwa tinggal di Bali biayanya murah. Ia membandingkan, biaya menyewa rumah di Bali hanya USD 400 (sekitar Rp 5,6 juta).

Jauh lebih murah dengan saat mereka menyewa apartemen studio di LA yang mencapai USD 1.300 atau sekitar Rp 18,3 juta.

Ia juga mengaku senang karena bisa menjalani hidup yang aman, biaya hidup rendah, gaya hidup mewah, ramah dengan LGBT, dan ada komunitas kulit hitam di Bali.

 

Melalui utasnya itu, ia juga mempromosikan ebook Our Bali Life is Yours yang ia buat untuk orang asing yang ingin seperti dirinya dengan harga USD 30 atau sekitar Rp 400 ribu.

Cuitan Gray tentu saja bisa menimbulkan masalah baru di Bali. Ia mengaku memiliki agen visa khusus dan tahu cara bisa masuk Indonesia saat wabah.

Padahal saat ini, Indonesia sedang menutup pintu untuk warga negara asing.

Cuitan WNA tersebut lantas viral hingga memancing amarah warganet di Twitter. Terlebih WNA tersebut secara terang-terangan mengajak WNA lainnya untuk "hijrah" ke Bali dengan melanggar hukum.

Warganet juga mempertanyakan apakah Gray membayar visa atau pajak ke Pemerintah Indonesia.

"Pajaknya jalan gak ya? Hebat banget setahun di Bali gak bayar pajak, mentang2 biaya hidupnya murah. How bout her visa? Lucu banget deh, jadi keenakan lama2 ya," tulis @osbounre.

Tidak sedikit akun Twitter yang menautkan cuitan @Kristen.Gray itu kepada akun @ditjenimigrasi dan pajak.

"Tolong pak. Kelaluan warga negara kekuatan besar di negara kekuatan menengah ini sudah keteraluan. @CCICPolri @DivHumas_Polri @DitjenImigrasi," tulis @TeleskopID.

Usai viral, Suarabanten memantau saat ini akun twitter @Kristen.Gray dinonaktifkan.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews