Lingga Tambah 3 Kasus Positif Corona, 1 di Daik dan 2 Singkep

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra (Foto: istimewa)

Lingga - Kasus terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), hingga hari ini, Senin (11/1/2021) tercatat ada 3 kasus aktif.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra mengatakan, dari 3 kasus tersebut, 1 diantaranya merupakan warga Kecamatan Lingga.

"Beliau adalah Tn. J (36) yang ditetapkan sebagai pasien konfirmasi 034, asal Kecamatan Lingga," kata Wirawan kepada Batamnews, Senin (11/1/2021).

Ia menjelaskan, sebelum dinyatakan positif Corona, yang bersangkutan melakukan perjalanan dari tanggal 21-25 Desember 2020. Timbul gejala pada 26 Desember, seperti filek dan nyeri otot.

Kemudian pada 2 Januari 2021 melajukan Rapid Test Antigen di RSUD Encik Maryam Daik Lingga dengan hasil reaktif. Maka selanjutnya dilakukan pengambilan Swab I dan II pada tanggal 3-4 Januari 2021.

"Hasil Swab RT PCR BTKLPP Kelas I Batam per 8 Januari 2021 dinyatakan positif Covid-19. Saat ini yang bersangkutan melakukan karantina mandiri dan dalam pemantauan petugas kesehatan setempat," sebut Wirawan.

Sementara untuk 2 kasus positif lainnya yakni di Kecamatan Singkep. Pasien tersebut yakni Tn. AC (35) yang ditetapkan sebagai pasien konfirmasi 035. Kemudian Tn. YC (32) ditetapkan sebagai pasien 036.

Mereka berdua dinyatakan positif setelah melakukan perjalanan dari luar daerah. Tn. AC melakukan perjalanan dari tanggal 25-27 Desember, sedangkan Tn. YC juga melakukan perjalanan ke luar daerah dari tanggal 21-27 Desember.

"Seluruh pasien saat ini melakukan karantina mandiri dengan pantauan petugas kesehatan setempat," ucapnya.

Wirawan pun mengimbau agar masyarakat Kabupaten Lingga tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, serta menerapkan perilaku hidup bersih.

(ruz)