https://www.batamnews.co.id

5 Nama Calon Kapolri Diajukan Kompolnas ke Jokowi, Semua Jenderal Bintang 3

Jokowi lantik Kapolri Idham Azis.

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan lima nama yang diusulkan Kompolnas sebagai calon kapolri pengganti Jenderal Idham Azis telah diterima. Kelimanya merupakan jenderal bintang 3. Tidak ada yang bintang 2.

"Mengonfirmasi berbagai berita: benar penjelasan Pak Benny Mamoto dan Pak Wahyudanto dari Kompolnas bhw selaku Ketua Kompolnas saya sdh menyerahkan nama2 calon Kapolri utk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR. Yg diajukan semua jenderal bintang 3, tdk ada yg msh bintang 2," kata Mahfud seperti dikutip merdeka.com melalui akun twitternya @mohmahfudmd, Jumat (8/1).

Dua jam kemudian, Mahfud membeberkan nama lima jenderal yang sudah masuk ke kantong Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon kapolri.

"Ini 5 nama Komjen Pol. yg diajukan kpd Presiden oleh Kompolnas utk dipilih sbg calon Kapolri: 1) Gatot Edy Pramono; 2) Boy Rafly Amar; 3) Listyo Sigit Prabowo; 4) Arief Sulistyanto; 5) Agus Andrianto. Kelima org itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang," tulis Mahfud.

Sebelumnya, Kompolnas telah menyerahkan nama calon kapolri ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Meski begitu, sosok yang akan menggantikan Jendral Idham Azis itu masih dirahasiakan.

"Calonnya lebih dari satu nama. Untuk nama tidak dipublikasikan karena suratnya bersifat rahasia," tutur Ketua Kompolnas Benny Mamoto saat dikonfirmasi.

Benny menyebut, pihaknya menyerahkan nama calon kapolri ke Jokowi usai melaksanakan rapat pada Rabu 6 Januari 2021 lalu. Lebih lanjut, nama calon kapolri yang diserahkan telah berdasarkan aspirasi masyarakat baik itu tokoh masyarakat, akademisi, LSM, media, purnawirawan Polri, hingga internal Polri.

(fox)