https://www.batamnews.co.id

Lisa Yulia, Pengusaha Muda Batam yang Raup Sukses di Masa Pandemi Covid-19

Lisa Yulia, Dirut PT Pelayaran Kencana Global (Foto: Ist)

Sepak terjangnya Lisa Yulia tak diragukan lagi. Founder yang juga President Director PT Pelayaran Kencana Global tanpa ragu menjalankan bisnis di masa pandemi Covid-19.

Perusahaan yang ia pimpin sukses bergerak di bidang keagenan kapal. Pandemi saat ini justru ditatap wanita muda asal Padang Sumatra Barat ini sebagai tantangan untuk sukses dan optimis di masa depan. 

"Kuncinya passion atau minat," ujar Lisa kepada Batamnews di kantornya di Batam Centre, Kamis (31/12/2020).

Bagi Lisa, dalam membangun bisnis perlu komitmen dan pelayanan yang baik, terutama di bidang yang ia geluti, sebagai kunci mendapat kepercayaan konsumen.

"Terutama yang berbasis kontrak," ujar pengusaha muda lulusan di STBA Haji Agus Salim Bukittinggi ini.

Perusahaan agen pelayaran atau keagenan kapal ini tetap eksis dan terus berkembang pesat bahkan menjadi salah satu yang terbaik di Kepri. 

“Sudah buka di Bali, Jakarta, Tanjung Balai Karimun dan Pulau Sambu juga,” ujar Icha sapaan akrabnya.

Lisa tak patah arang saat dibukanya perusahaan agen pelayaran itu pada Maret 2020 lalu, tepat saat corona mulai mewabah. Ia justru yakin bisa mendapatkan peluang besar dan bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan. Dan terbukti bisnisnya terus berkembang.

Pengalaman Lisa belasan tahun di bidang agen pelayaran membuatnya cekatan. Ia pernah menduduki jabatan penting di PT Batam Samudra (Bias Mandiri Group) sebagai CEO. Saat itu usianya masih sangat muda.

Dengan segudang pengalaman dan kepercayaan dari berbagai pihak ia pun memberanikan diri terjun dan membukan usaha sendiri.

“Saya punya passion di sini, jadi saya tidak khawatir kalau gagal,” ujar wanita berdarah minang ini.

Bahkan pencapaian Icha di akhir tahun ini terbilang luar biasa. Bahkan jauh dari perkiraannya sebelumnya.

Saat ditemui pun di hari hari menjalang akhir tahun , Icha terlihat masih masih sibuk melayani kedatangan beberapa kapal. 

“Di akhir tahun ini justru makin banyak klien,” ujar Lisa.

Lisa mengaku dengan pencapaiannya kali ini belum patut berpuas diri. Menghadapi situasi pandemi ini, Lisa juga menekankan pada pentingnya pengusaha muda untuk berkolaborasi  dengan asosiasi atau pelaku bisnis lain yang satu visi dan misi.

Ia pun berpesan bagi pengusaha yang merasa terpuruk di masa pandemi ini tak perlu larut. 

"Ketika kita mengalami keterpurukan itu, jadikan itu sebagai pembelajaran agar kita menjadi lebih baik lagi," ujar Lisa.

Ia pun berharap pada tahun 2021 bisa lebih maju. "Bisa memberikan manfaat bagi semua orang tentunya saya bisa membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan bisa bersama-sama pemerintah kota Batam untuk meningkatkan Ekonomi Batam,” ujar dia.

(snw)